Zaqiyatul, Muna (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA TEMA 8 KELAS I MI ISLAMIYAH PANCAKARYA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
ZAQIYATUL_MUNA_166050011.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan Media Pop Up Book, Pembelajaran Tematik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran ini menyajikan tema-tema pembelajaran yang lebih aktual dan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Keterbatasan media yang digunakan guru membuat peserta didik kurang termotivasi, merasa bosan dan tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran tematik akan lebih menarik jika menggunakan media di dalam menyampaikan materi ke peserta didik. Penggunaan media pop up book ini diharapkan dapat menarik minat peserta didik dan perhatiannya sehingga dapat mengikuti pembelajaran secara aktif dan interaktif serta memberikan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pop up book pada tema 8 untuk kelas I MI Islamiyah Pancakarya Semarang. Mengetahui kevalidan media pop up book pada tema 8 untuk kelas I MI Islamiyah Pancakarya Semarang yang telah dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Tahapan model pengembangan dalam penelitian R&D ini menurut Sugiyono. Penelitian pengembangan ini terdiri dari lima tahap. Kelima tahap tersebut meliputi tahap potensi masalah (kurangnya motivasi belajar peserta didik dan terbatasnya media pembelajaran), pengumpulan data (observasi, wawanncara, angket, dokumentasi), desain produk (media pembelajaran pop up book), validasi desain (validator ahli materi dan ahli media), revisi desain (revisi produk). Berdasarkam penelitian pengembangan media pop up book ini dapat disimpulkan bahwa dapat diketahui hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pop up book pada tema 8 kelas I yaitu pada aspek desain dan aspek materi/isi. Hasil analisis kebutuhan tersebut digunakan sebagai pedoman penyusunan produk media pop up book tema 8 untuk kelas I. Media ini memperoleh kategori kevalidan layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik tema 8 kelas I MI Islamiyah Pancakarya Semarang yaitu berdasarkan validasi ahli materi pada aspek kesesuaian materi memperoleh nilai rerata 4,57 dalam kategori “sangat baik” atau 91,42%. Validasi ahli bahasa pada aspek kebahasaan memperoleh nilai rerata 4,43 dalam kategori “sangat baik” atau 88,50% (sangat valid). Validasi ahli media pada keseluruhan aspek yaitu aspek keterlaksanaan dan aspek tampilan visual memperoleh penilaian rerata 4,33 dalam kategori “sangat baik” atau 86,50% (sangat valid).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:44 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:44 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2967 |
Actions (login required)
View Item |