Sahlatun, Maya saroh (2020) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN AKTIVITAS IBADAH SISWA DI MTS AL-ASROR GUNUNGPATI TAHUN AJARAN 2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
Sahlatun Maya saroh_166010028.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Intensitas, Penggunaan Gadget, dan Aktivitas Ibadah Siswa Intensitas Penggunaan gadget dengan Aktivitas ibadah siswa merupakan suatu bentuk kuantitas yang muncul pada sebuah energi berdasarkan tingkatan frekuensi serta durasi pada stimulus yang diterima. Gadget sangat efektif dan efesien, karena bentuknya yang simple tanpa kabel dan dapat dibawa dimana saja. Disamping ada manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari gadget juga memiliki dampak negatif bagi aktivitas kehidupan manusia. Maraknya penggunaan gadget dikalangan anak remaja atau sekolah saat ini menimbulkan dampak negatif salah satunya dampak negatif dalam melakukan kegiatan aktivitas ibadah siswa dimana mereka cenderung memiliki waktu yang sedikit dalam melakukan aktivitas ibadah seperti melakukan sholat,membaca al-qur’an dan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya yaitu field research. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu intensitas penggunaan gadget dan aktivitas ibadah siswa. Sampel dalam penelitian ini 57 siswa di Mts Al-Asror Gunungpati. Kemudian sumber data yang terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Di samping itu penulis juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara dan metode pembagian angket. Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan rumus product moment sehingga dapat diketahui hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget dan aktivitas ibadah siswa di MTs Al-Asror Gunungpati cukup sedang. Hal ini di buktikan dengan hasil angket intensitas penggunaan gadget sebagai variabel (X) dengan perhitungan nilai rata-rata sebesar 75, 7895 dan standar deviasi sebesar 4,342. Sementara hasil aktivitas ibadah siswa sebagai variabel (Y) dengan perhitungan rata-rata 71,333 dan standar deviasi sebesar 4,356. Sedangkan korelasi antara intensitas penggunaan gadget sebagai variabel (X) dengan aktivitas ibadah siswa sebagai variabel (Y) sebesar 0,548. Kemudian dikonsultasikan dengan nilai r table pada signifikansi 5% yaitu 0,250 dan 1% yaitu 0,325. Kesimpulan penelitian menunjukkan, terdapat korelasi yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan aktivitas ibadah siswa. Jika diinterpretasikan pada tabel skala penafsiran koefisien korelasi, maka tingkat hubungan intensitas penggunaan gadget dengan aktivitas ibadah siswa di MTs Al-Asror Gunungpati adalah Sedang atau Cukup, dengan interval 0,400 – 0,700.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:36 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:36 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2962 |
Actions (login required)
View Item |