Nova, Silvia Indrawati (2020) Analisis Implikasi Penerapan Kegiatan Keagamaan Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik Di SMP N 2 Gringsing. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
Nova Silvia Indrawati_166010088.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implikasi Kegiatan Keagamaan, Perkembangan Moral, Peserta Didik Menumbuhkan nilai-nilai agama bagi peserta didik di sekolah, diperlukan adanya penerapan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinangbungan. Adanya penerapan kegiatan keagamaan memberikan dampak bagi perkembangan moral peserta didik dalam perilaku dan perbuatan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan kegiatan keagamaan di SMP 2 Gringsing (2 Bagaimana Implikasi penerapan kegiatan keagamaan terhadap perkembangan moral peserta didik di SMP N 2 Gringsing (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan keagamaan di SMP N 2 Gringsing. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: Bagaimana penerapan kegiatan keagamaan di SMP N 2 Gringsing adalah kegiatan yang dilaksanakan anatara lain : doa sebelum KBM, tadarus, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, dan peringatan hari besar islam. Kegiatan keagamaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Implikasi penerapan kegiatan keagamaan terhadap perkembangan moral peserta didik adalah meningkatnya sikap religiusitas peserta didik dan meningkatkan perilaku baik peserta didik, seperti kejujuran, kesdisiplinan, dan tanggung jawab. Faktor Pendukung dan Penghambat penerapan kegiatan keagamaan terhadap perkembangan moral peserta didik adalah, Faktor Pendukung Memahamkan peserta didik mengenai moral dengan pengetahuan agama, mengajarkan peserta didik berperilaku sesuai ajaran agama, dan pelaksanaan kegiatan keagamaan lebih mudah diterapkan, karena Peserta didik SMP N 2 Gringsing 100% beragama islam. Faktor Penghambat penerapan kegiatan keagamaan di SMP N 2 Gringsing masih belum berjalan konsisten, peserta didik melaksanakan kegiatan keagamaan hanya di sekolah saja, dan Belum semua guru berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:33 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:33 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2960 |
Actions (login required)
View Item |