Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KEMAMPUAN MEMAHAMI ILMU TAJWID TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU 03 ISLAM KALIWUNGU KENDAL

FATIMAH, NUR FARIKHA (2020) PENGARUH KEMAMPUAN MEMAHAMI ILMU TAJWID TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU 03 ISLAM KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
FATIMAH NUR FARIKHA_146010162.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Memahami I lmu Tajwid, Ketrampilan Membaca Al-Qur‟an Kemampuan memahami ilmu tajwid ialah kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan menerapkan makhroj – makhrojnya huruf yang sesuai kaidahnya seperti, membaca qolqolah, membaca Hams pada huruf-huruf yang bersifat Hams, membaca tebal (tafkhim) pada huruf Isti‟lak, membaca tipis (tarqiq) pada huruf I stifal, membaca Mad, Ghunnah, Izhar, Idghom dan lain sebagainya, semuanya bisa terbaca menurut ketentuannya masing-masing. Membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan tajwid itu hukumnya fardhu „ainberdasarkan beberapa nash/ dalil Al-Qur‟an, Al Hadist dan I jma‟ul ummah/ mufakatnya para Ulama. Kemampuan siswa dalam memahami ilmu tajwid yaitu kemampuan siswa saat menjelaskan , membedakan serta menerapkan hukum bacaan-bacaan yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid di dalam membaca Al-Qur‟an. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP NU 03 I slam Kaliwungu Kendal berjumlah lima puluh dua siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling karena jumlah populasi kurang dari seratus siswa. Adapun variabel yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari: kemampuan siswa memahami ilmu tajwid sebagai variabel bebas (variabel X) dan ketrampilan membaca Al-Qur‟an sebagai variabel terikat (variabel Y). Metode pengumpulan data ini menggunakan tes untuk mengetahu kemampuan siswa memahami ilmu tajwid dan ketrampilan membaca Al-Qur‟an. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistik atau analisis kuantitatif, dengan rumus analisis regresi sederhana. Hasil penelitian terhadap lima puluh dua responden menunjukan kemampuan siswa memahami ilmu tajwid termasuk kategori baik dengan rata-rata skor hasil tes delapan puluh koma empat puluh delapan. Hasil uji hipotesis selanjutnya menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan memahami ilmu tajwid terhadap ketrampilan membaca Al-Qur‟an pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP NU 03 Kaliwungu Kendal hal tersebut telah dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana yang diperoleh sebesar seratus dua puluh sembilan koma enam puluh empat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:27
Last Modified: 05 Mar 2021 03:27
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item