Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK OLAHAN NANAS MADU (Ananas comosus (L) Merr) (Studi Kasus Di Vita Nas Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang)

Eka, Amelia (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK OLAHAN NANAS MADU (Ananas comosus (L) Merr) (Studi Kasus Di Vita Nas Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
164010057 Eka Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nanas madu, salah satu tanaman hortikultura yang dapat di jadikan sebagai produk olahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal eksternal, serta merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha produk olahan nanas madu di Vita Nas. Jenis data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan matrik IFE, matrik EFE, matrik IE dan matrik SWOT. Hasil analisis faktor internal (kekuatan) meliputi memiliki pencatatan setiap penjualan, bahan baku melimpah, produk memiliki ciri khas, diversifikasi produk, adanya pelatihan dan pembekalan keterampilan tenaga kerja, struktur organisasi baik dan memiliki peralatan yang memadai. Faktor internal (kekurangan) meliputi kurang maksimalnya penggunaan website dan media internet, daerah pemasaran hanya lingkup Pemalang sekitarnya, tidak adanya sales marketing dan tempat packing sempit. Faktor eksternal (peluang) meliputi adanya kerja sama dengan pengusaha lain, kestabilan harga bahan baku, konsumen tetap serta dukungan dari pemerintah setempat. Faktor eksternal (ancaman) meliputi mengandalkan tengkulak, selera konsumen dan harga relatif mahal. Alternatif strategi yang dapat dilakukan adalah: (1) Memperkuat kerja sama antara pengusaha dengan pemerintah setempat, membuat inovasi terbaru dengan pengusaha lain dan mengembangkan jaminan mutu produk; (2) Meningkatkan promosi produk; (3) Membangun kerjasama langsung dengan petani, mempertahankan kualitas produk dan memberikan pelayanan terbaik; (4) Meningkatkan kegiatan promosi dengan website dan media internet. Kata Kunci : Strategi, Olahan, Nanas Madu, SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Feb 2021 08:24
Last Modified: 23 Feb 2021 08:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item