Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN KUBIS (Brassica oleracea L.) (Studi Kasus Di Kelompok Tani Bumi Jaya 01 Desa Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang)

ADRIKA, MELIYA HUSNA (2020) ANALISIS PEMASARAN KUBIS (Brassica oleracea L.) (Studi Kasus Di Kelompok Tani Bumi Jaya 01 Desa Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
154010029 Adrika Meliya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kubis merupakan salah satu komoditas pertanian yang bersifat mudah rusak (perishable), sehingga harus segera didistribusikan ke konsumen melalui proses pemasaran. Panjang pendeknya saluran pemasaran dapat mempengaruhi margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya, serta efisiensi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya, serta efisiensi saluran pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penentuan responden petani menggunakan metode sensus dan penentuan responden pedagang sampai konsumen menggunakan metode snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian terdapat empat saluran pemasaran kubis di Kelompok Tani Bumi Jaya 01 Desa Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, yaitu saluran tingkat nol (petani-konsumen), saluran tingkat satu (petani-pengecer-konsumen), saluran tingkat dua (petani-pengumpul-pengecer konsumen), dan saluran tingkat tiga (petani-pengumpul-pedagang besar-pengecer konsumen). Margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya pada tiap saluran yaitu untuk saluran pemasaran tingkat 0 sebesar Rp. 0/kg, 100%, dan Rp. 4,16/kg, saluran tingkat 1 sebesar Rp. 400/kg, 77,14%, dan Rp. 5,29/kg, saluran tingkat 2 sebesar Rp. 1.225/kg, 36,25%, dan Rp. 2,26/kg, saluran tingkat 3 sebesar Rp. 2.825/kg, 19,29%, dan Rp. 5,21/kg. Pada saluran pemasaran tingkat nol dan tingkat satu nilai efisiensi pemasarannya efisien berdasarkan pada perhitungan margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Kata kunci: Saluran pemasaran, margin, farmer’s share, rasio keuntungan biaya, efisiensi, kubis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:54
Last Modified: 23 Feb 2021 05:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item