Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PEMASARAN KERIPIK WADER (Rasbora argyrotaenia) DI DESA KEBONDOWO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG

Yogi, Priadi (2020) STRATEGI PEMASARAN KERIPIK WADER (Rasbora argyrotaenia) DI DESA KEBONDOWO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
154010021 Yogi Priadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan strategi dalam menjalankan suatu bisnis sangatlah penting, terlebih lagi pada pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran. Disamping mengembangkan pemasaran, penggunaan strategi juga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian yang disebabkan oleh risiko yang akan dihadapi serta mempertahankan kelangsungan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengolahan keripik wader, faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi, merumuskan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam memasarkan keripik wader pada industri rumah tangga di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT untuk memanfaatkan peluang dan memaksimalkan kekuatan, mengurangi kelemahan serta menghindari ancaman. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pengambilan responden secara sensus sebanyak 8 orang produsen keripik wader. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan diantaranya adalah data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan pemasaran keripik wader di Kecamatan Banyubiru adalah produk dijual langsung oleh pengusaha di toko dan juga tempat wisata dan kualitas keripik wader juga terjaga. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan adalah kurangnya modal dan promosi. Faktor-faktor yang menjadi peluang adalah melimpahnya bahan baku. Faktor-faktor yang menjadi ancaman adalah tingginya tingkat persaingan di daerah setempat. Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran keripik wader di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang yaitu : memanfaatkan pameran sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan produk keripik wader, memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk pemasaran produk, menambah varian rasa serta inovasi kemasan pada produk keripik wader dan menjalin mitra kerjasama. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Ikan Wader, Keripik Wader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:33
Last Modified: 23 Feb 2021 04:33
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item