Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE-KOTA SALATIGA TAHUN 2019

ALIF, TRI FAUZI (2020) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE-KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010087 Alif Tri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Implementasi Pelaksanaan, Kurikulum 2013, Penjasorkes. Kurikulum 2013 memililiki visi dan misi sesuai dengan kemajuan zaman sekarang, tetapi penerapan kurikulum secara terburu-buru menimbulkan banyak masalah seperti guru kesulitan dalam mengubah metode yang selama ini telah mereka terapkan dalam kurikulum sebelumnya dan siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, dimana rasa keingintahuan dan minat membaca siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Impelementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Penjasorkes di Madrasah Aliyah Se-Kota Salatiga Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei, instrumen yang digunakan adalah angket/kuisioner, sedangkan Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran penjasorkes yang mengajar di MAN Salatiga, dimana sekolah tersebut sudah menerapkan Kurikulum 2013 dengan jumlah 5 guru. Adapun metode analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian dengan analisis deskriptif menunjukkan Impelementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Penjasorkes di Madrasah Aliyah Se-Kota Salatiga Tahun 2019 berkategori baik dengan persentase 86,7%, dengan rincian : kegiatan pendahuluan berada pada kategori baik 80%, kegiatan inti berkategori baik 100%, dan kegiatan penutup berkategori baik 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Se Kota Salatiga berkategori baik, yang dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Saran yang dapat diberikan Untuk kepala sekolah agar selalu memberikan arahan dan bimbingan terhadap guru yang belum menguasai kurikulum 2013, dan Perlunya diadakan seminar lanjutan dalam pelaksanaan kurikulum 2013, agar guru memahami betul mengenai Pelaksanaan Kurikulum 2013 sehingga tujuan dari kurikulum 2013 bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:43
Last Modified: 23 Feb 2021 02:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item