Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2019

CHANDRA, AFFAN PUTRANDIYO (2020) IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010078 Chandra Affan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Administrasi, dan Pembelajaran Permasalahan dalam penelitan ini yaitu sarana dan prasarana yang kurang mendukung proses implementasi, guru tidak mengembangkan administrasi sesuai dengan karakter siswa, guru yang tidak menguasai sebagai pengajar penjasorkes. dan guru yang hanya menyalin RPP yang sudah ada. administrasi pendidikan penjasorkes dapat mengatur pengelolaan komponen-komponen pendidikan. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi administrasi pembelajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pekalongan dikarenakan administrasi pendidikan di sekolah merupakan sumber utama untuk meningkatkan efektifitas suatu proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel terikat implementasi administrasi berdasarkan kurikulum 2013 dan variabel bebas pembelajaran penjasorkes. Instrumen angket yaitu memberikan butir-butir pertanyaan sejumlah 20 pertanyaan yang diberikan kepada 8 populasi yang terdiri atas 1 negeri MAN Pekalongan dan 7 Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pekalongan dengan sampling 8 wakil kurikulum dan peneliti sebagai responden di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian dan analisis data implementasi administrasi pembelajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 se-Kabupaten Pekalongan yang dianalisis dengan teknik pengumpulan data yang berupa angket serta observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data pendukung. dan hasil penelitian tentang implementasi administrasi Penjasorkes di Madrasah Aliyah se Kabupaten Pekalongan tahun 2019 kategori baik . Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi administrasi di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pekalongan sudah berjalan dengan baik walaupun dalam pelaksanaannya terdapat kekurangan yang dapat menghambat proses implementasi administrasi. Saran yang perlu di sampaikan sehubungan dengan hasil penelitian yaitu agar mengembangkan penelitian lebih dalam lagi tentang kegiatan implementasi administrasi, melakukan pengawasan dalam pengisian angket agar hasil penelitian lebih objektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:44
Last Modified: 22 Feb 2021 07:44
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item