Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GANAPON PADA PEMBELAJARAN PASSING FUTSAL SISWA KELAS X MAN DEMAK TAHUN 2019

SHOKIFUL, AMAL (2020) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GANAPON PADA PEMBELAJARAN PASSING FUTSAL SISWA KELAS X MAN DEMAK TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010063 Shokiful Amal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Futsal, Permainan Ganapon. Latar belakang dari permasalahan ini adalah metode pembelajaran yang digunakan masih monoton sehingga membuat siswa menjadi mudah bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model permainan ganapon dalam pembelajaran passing futsal bagi siswa kelas X MAN Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development/R&D, jika diterapkan pada penelitian ini yakni : (1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan yang didapat dari observasi dan kajian pustaka, (2) mengembangkan model pembelajaran futsal berupa permainan ganapon, (3) evaluasi ahli permainan dan ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil (10 siswa) kemudian dianalisi, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi dari ahli dan uji coba skala kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (40 siswa), (6) revisi produk akhir yang akan dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir berupa permainan ganapon yang telah diuji cobakan pada siswa kelas X MAN Demak. Hasil analisis data dan evaluasi dua ahli permainan didapat rata-rata presentase 72% dan evaluasi dua ahli pembelajaran didapat rata-rata presentase 85%, hasil kuesioner uji coba skala kecil diperoleh presentase 76% (baik), dan kuesioner uji coba lapangan diperoleh presentase 79% (baik). Dari data yang dihasilkan dari uji skala kecil dan uji coba lapangan mengalami kenaikan 3% maka dapat disimpulkan bahwa permainan ganaon untuk pembelajaran passing futsal untuk siswa kelas X MAN Demak dapat digunakan. Permainan ganapon dapat digunakan sebagai pembelajaran passing futsal pada siswa kelas X MAN Demak tahun 2019. Saran bagi guru penjasorkes disekolah yaitu agar permainan ini dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran dan sebagai alternatif dalam pembelajaran futsal khususnya pembelajaran passing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:32
Last Modified: 22 Feb 2021 07:32
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item