SHOVI, KURNIAWAN (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN PTP SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI RPL DI SMK NEGERI 4 KENDAL TAHUN AJARAN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
158010055 Shovi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan, Pembelajaran Passing, Bola Basket Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya sarana prasaran pembelajaran untuk permainan bola basket di SMK Negeri 4 Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan bola basket bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan khususnya pada siswa SMK Negeri 4 Kendal yang lebih efektif dan efesien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model permainan ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahapan pembuatan produk awal, kemudian produk tersebut divalidasi oleh ahli permainan dan ahli pembelajaran. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan diuji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 4 Kendal. Data yang dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Hasil Penelitian ini menghasilkan kualitas model permainan yang dikembangkan berdasarkan penilaian siswa pada uji coba skala kecil dengan skor keselurahan siswa adalah 3.72 termasuk dalam kriteria “Baik”, kemudian dievaluasi menurut penilaian dari ahli pembelajaran dengan skor rata-rata 4.60 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dan berdasarkan penelitian siswa pada uji coba lapangan (skala besar) menghasilkan dengan skor keseluruhan siswa adalah 3.7 termasuk dalam kriteria “Baik, kemudian penilaian menurut ahli permainan dengan skor rata-rata 4.67 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknik Pass To Pass pada permainan bola basket layak dijadikan sebagai salah satu teknik yang harus dipahami dalam permainan bola basket pada siswa sekolah menengah kejuruan. Guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi kepada siswa dan dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan sarana dan prasarana yang ada disekolah. Dan kesimpulan dari peneitian ini adalah untuk guru penjasorkes diharapkan agar bisa menggunakan pendekatan-pendekatan yang lebih bervariasi, lebih berinovasi, lebih kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi kepada siswa dan dapat mengatasi keterbatan-keterbatasan yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:26 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:26 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2852 |
Actions (login required)
View Item |