Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN VOLDO PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad, Arif Sachfrizal (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN VOLDO PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010054 M Arif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Passing Atas Bola Voli, Permainan Voldo. Latar belakang penelitian ini adalah 72% siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75. teknik dasar passing atas bola voli belum di kuasai sebagian besar siswa. Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada passing atas bola voli menggunakan permainn voldo pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kendal. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Siswa kelas X IPS 4 SMA N 1 Kendal Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 siswa putra dan 20 siswa putri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik klasikal. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas : Permainan Voldo dan variabel terikat : Hasil Pembelajaran passing atas bola voli. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini melalui fase perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem presentasi kenaikan kelulusan pada hasil setiap siklus. Analisis Hasil Evaluasi menggunakan sistem presentasi kenaikan tingkat kelulusan. Berdasarkan hasil dari perhitungan data, hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I menunjukkan bahwa nilai pre-test. I adalah : nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 85. Tingkat kelulusan hanya mencapai 28%. Hasil belajar siklus I setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai post- test I yaitu nilai terendah 71 dan nilai tertinggi 82. Tingkat kelulusan mencapai 46%. Hasil belajar siklus II setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai terendah 72 dan nilai tertinggi 82. Tingkat kelulusan pada siklus II mencapai 81%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1.) Ada Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui permainan voldo, 2.) Ada Peningkatan Hasil Belajar dari tindakan penelitian siklus I ke siklus II. Saran dalam penelitian ini yaitu guru menerapkan permainan voldo pada materi pembelajaran yang sulit dipahami dan perlu pemikiran mendalam untuk melatih kemampuan siswa dalam berpikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:24
Last Modified: 22 Feb 2021 07:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item