Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE KABUPATEN KENDALTAHUN 2019

MUHAMAD, AQVAL (2020) IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE KABUPATEN KENDALTAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010046 M Aqval.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Administrasi Pembelajaran, Kurikulum 2013, Penjasorkes Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya pemahaman guru terhadap penyusunan administrasi pembelajaran, masih ada guru yang belum menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, program semester dan program tahunan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi administrasi pembelajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 di Madrasah Ali yah se-Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan deskriptif kuantitatif. dengan variabel terikat implementasi administrasi berdasarkan kurikulum 2013 dan variabel bebas pembelajaran penjasorkes. instrumen angket yaitu memberikan butir butir pertanyaan sejumlah 20 pertanyaan yang di berikan kepada 9 Madrasah Aliyah dengan kriteria akreditasi, Madrasah Ali yah tersebut adalah 3 dengan akreditasi A, 3 dengan akreditasi B dan 3 terakhir dengan akreditasi C. Masing masing Madrasah di ambil Waka Kurikulum dan 1 Guru penjasorkes kelas XI , sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 9 Waka Kurikulum dan 9 guru penjasorkes. Hasil penelitian dan analisis data implementasi administrasi pembelajaran penjasorkes berada pada kategori baik sekali sebanyak 22,22% (2 Madrasah Aliyah),kategori baik sebanyak 44,44% (4 Madrasah Ali yah), kategori cukup sebanyak 33,33% (3 Madrasah Ali yah) dan kategori kurang sebanyak 0%. Dan dari pengamatan di lapangan diperoleh hasil statistik skor data hasil penelitian tentang implementasi administrasi penjasorkes di Madrasah Ali yah se-Kabupaten Kendal tahun 2019 didapat skor minimum 50; skor maksimum 73; dan skor rata rata 62,66; hasil ini di peroleh dari peneliti, kemudian dari waka kurikulum diperoleh hasil skor minimum 50; skor maksimum 74; dan skor rata rata 62,88. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi administrasi di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Kendal sudah berjalan dengan baik walaupun dalam pelaksanaanya terdapat kekurangan yang dapat menghambat proses implementasi administrasi. Saran untuk pihak sekolah agar lebih memperhatikan kelengkapan administrasi pembelajaran para guru sebelum mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:18
Last Modified: 22 Feb 2021 07:18
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2849

Actions (login required)

View Item View Item