Muhammad, Iqbal Fauzi (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN VOLDO DALAM PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK AL ASROR SEMARANG TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
158010040 M Iqbal Fauzi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Bola Voli, Permainan Voldo. Latar belakang dari permasalahan ini adalah metode pembelajaran yang digunakan masih monoton sehingga membuat siswa menjadi mudah bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model permainan voldo dalam pembelajaran passing atas bola voli bagi siswa kelas X SMK Al Asror Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development/R&D, jika diterapkan pada penelitian ini yakni : (1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan yang didapat dari observasi dan kajian pustaka, (2) mengembangkan model pembelajaran bola voli berupa permainan voldo, (3) evaluasi ahli permainan dan ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil (8 siswa) kemudian dianalisi, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi dari ahli dan uji coba skala kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (20 siswa), (6) revisi produk akhir yang akan dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir berupa permainan voldo yang telah diuji cobakan pada siswa kelas X SMK Al Asror Semarang. Hasil analisis data dan evaluasi dua ahli permainan didapat rata-rata presentase 78,5% dan evaluasi dua ahli pembelajaran didapat rata-rata presentase 80,6%, hasil kuesioner uji coba skala kecil diperoleh presentase 79% (baik), dan kuesioner uji coba lapangan diperoleh presentase 83,5% (baik). Dari data yang dihasilkan dari uji skala kecil dan uji coba lapangan mengalami kenaikan 4,5% maka dapat disimpulkan bahwa permainan voldo untuk pembelajaran passing atas bola voli untuk siswa kelas X SMK Al Asror Semarang dapat digunakan. Permainan voldo dapat digunakan sebagai pembelajaran passing atas bola voli pada siswa kelas X SMK Al Asror Semarang tahun 2019. Saran bagi guru penjasorkes disekolah yaitu agar permainan ini dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran dan sebagai alternativ dalam pembelajaran bola voli khususnya pembelajaran passing atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 06:59 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 06:59 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2846 |
Actions (login required)
View Item |