Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KAYANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN BANTUAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI TKJ 2 DI SMK N 4 KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019

Siti, Mukminatun (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KAYANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN BANTUAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI TKJ 2 DI SMK N 4 KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010027 Siti Mukminatun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Hasil Belajar, Kayang, Bantuan Teman Sebaya Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan nilai KKM yang rendah, kurangnya minat dan motivasi siswa rendah, metode pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar kayang menggunakan metode bantuan teman sebaya pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK N 4 Kendal. Masalah pada peneliti adalah terbatasnya pengetahuan siswa terhadap teknik dasar dalam senam lantai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK N 4 Kendal, dengan subyek penelitian kelas XI TKJ 2 dengan jumlah 35 siswa, 22 siswa putra dan 13 siswa putri. Objek penelitian adalah kayang, instrument yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil belajar yang dilaksanakan siswa pada saat pelaksanaan tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi pra siklus ke siklus I dan siklus II. Pada pembelajaran pra siklus diperoleh persentase sebesar 34%, meningkat pada siklus I diperoleh persentase sebesar 57% sedangkan pada siklus II meningkat diperoleh persentase sebesar 89%. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran kayang melalui metode bantuan teman sebaya dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada siswa kelas XI TKJ 2 di SMK N 4 Kendal. Saran peneliti untuk pengajar siswa XI TKJ 2 di SMK N 4 Kendal untuk menggunakan bantuan teman sebaya agar mempermudah proses pembelajaran siswa di sekolah pada khususnya dalam bidang penjasorkes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:02
Last Modified: 22 Feb 2021 04:02
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item