Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE KOTA SALATIGA TAHUN 2019

ERIKAWIDYA, RISTIANTO (2020) IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN PENJASORKES BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH SE KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
158010007 Erika Widya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Administrasi, dan Pembelajaran Permasalahan dalam penelitan ini antara lain sarana dan prasarna yang kurang mendukung proses implementasi, guru tidak mengembangkan administrasi ses uai dengan karakter siswa, guru yang tidak berkompeten sebagai pengajar penjasorkes, dan guru yang hanya menyalin RPP yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi adiministrasi pembelajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah se-Kota Salatiga tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel terikat implementasi administrasi berdasarkan kurikulum 2013 dan variabel bebas pembelajaran penjasorkes. Instrumen angket yaitu memberikan butir-butir pertanyaan sejumlah 20 pertanyaan yang diberikan kepada 2 populasi yang terdiri atas MAN 1 Salatiga dan MA As-Surkati dengan sampling 5 guru penjasorkes dan 2 waka kurikulum sebagai responden di Madrasah Aliyah se-Kota Salatiga. Hasil penelitian dan analisis data implementasi administrasi pembelajaran penjasorkes berdasarkan kurikulum 2013 se-Kota Salatiga yang dianalisis dengan teknik pengumpulan data yang berupa angket serta observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data pendukung. Implementasi administrasi penjasorkes berada pada kategori baik sekali 28% (2 guru), kategori baik sebanyak 72% (5 guru), kategori cukup baik sebanyak 0% (0 guru), kurang sebanyak 0% (0 guru). Dan distribusi frekuensi data hasil penelitian tentang implmentasi administrasi Penjasorkes di Madrasah Aliyah se- Kota Salatiga tahun 2019 didapat skor terendah (minimum) 80, skor tertinggi (maksimum) 97.5, rata-rata (mean) 84.5, nilai tengah (median) 81.25, nilai yang sering muncul (modus) 81,25 , standar deviasi (SD) 6.7. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi administrasi di Madrasah Aliyah se-Kota Salatiga sudah berjalan dengan baik walaupun dalam pelaksanaannya terdapat kekurangan yang dapat menghambat proses implementasi administrasi. Saran untuk pihak sekolah lebih memperhatikan kelengkapan administrasi dan sarana prasarana pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:52
Last Modified: 22 Feb 2021 02:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item