Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MENGGUNAKAN MEDIA BOLA GANTUNG UNTUK SISWA KELAS VIII SMP N 2 WONOBOYO SATU ATAP TEMANGGUNG TAHUN 2019

Muhamad, Nurohman (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MENGGUNAKAN MEDIA BOLA GANTUNG UNTUK SISWA KELAS VIII SMP N 2 WONOBOYO SATU ATAP TEMANGGUNG TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
148010096 M Nurohman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Passing Atas Bola Voli, Penjas dan Media Bola Gantung. Latar belakang penelitian ini adalah nilai siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) mencapai 68% dan teknik dasar passing atas bola voli belum di kuasai sebagian besar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran bola gantung terhadap hasil belajar passing atas bola voli. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMP N 2 Wonoboyo Satu Atap Tahun Pelajaran 2019 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 9 siswa putra dan 16 siswa putri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik klasikal. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas : media pembelajaran bola gantung dan variabel terikat : Hasil Pembelajaran passing atas bola voli. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini melalui fase perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem presentasi kenaikan kelulusan pada hasil setiap siklus. Analisis Hasil Evaluasi menggunakan sistem presentasi kenaikan tingkat kelulusan. Berdasarkan hasil dari perhitungan data, hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I menunjukkan bahwa nilai pre-test I adalah : nilai terendah 56 dan nilai tertinggi 85. Tingkat kelulusan hanya mencapai 32%. Hasil belajar siklus I setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai post- test I yaitu nilai terendah 61 dan nilai tertinggi 88. Tingkat kelulusan mencapai 52%. Hasil belajar siklus II setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 89. Tingkat kelulusan pada siklus II mencapai 80%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1.) Ada Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui media pembelajaran bola gantung, 2.) Ada Peningkatan Hasil Belajar dari tindakan penelitian siklus I ke siklus II. Saran dalam penelitian ini yaitu guru menerapkan media bola gantung pada materi pembelajaran yang sulit dipahami dan perlu pemikiran mendalam untuk melatih kemampuan siswa dalam berpikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Feb 2021 06:39
Last Modified: 20 Feb 2021 06:39
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item View Item