M. Jamaludin, Siregar (2020) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN DAN REKREASI DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
148010065 M Jamaludin.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Latar belakang penelitian ini adalah baru dua sekolah yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 yaitu sekolah MAN Demak dan MA AL-Irsyad. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Aliyah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019?. Penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019. Jenis penelitian lapangan ini dengan metode deskriptif kuantitatif, guru kelas XI MA se- Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019 yang berjumlah 6 orang waka kurikulum dan 6 orang guru. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar evaluasi kemudian dianalisis menggunakan analisa deskriptif dan rumus presentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Aliyah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019 dilakukan dengan mengevaluasi kinerja kepada guru PJOK mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang dilakukan oleh waka kuriklum dan evaluator berdasarkan melalui instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran. Hasil supervisi yang telah dilakukan oleh wakakurikulum dan evaluaot diketahui bahwa MAN Demak sebesar 88% menyatakan baik, MA Al-Irsyad sebesar 79% menyatakan baik, MA NU 1 Demak sebesar 79% menyatakan baik, MA Fathul Huda sebesar 77% menyatakan baik, MA NU Raudlatul Mu’allimin sebesar 79% menyatakan baik dan MA Nahdlatul Ulama Mranggen sebesar 79% menyatakan baik. Peneliti memberikan beberapa saran sebagai masukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada pembelajaran pendidikan PJOK yaitu sarana dan prasarana sangat berpengaruh dalam pembelajaran PJOK, disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019 diketahui rata-rata kemampuan guru PJOK baik dengan presentase 84%. Melihat hasil tersebut dapat diartikan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 04:42 |
Last Modified: | 20 Feb 2021 04:42 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2825 |
Actions (login required)
View Item |