Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO 125 (Studi Kasus pada Pengguna Motor Vario 125 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang)

Muhammad, Fajar Ali (2020) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO 125 (Studi Kasus pada Pengguna Motor Vario 125 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
141010030 Muhammad Fajar Ali.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian Honda Vario 125 (studi kasus pada pengguna motor Vario 125 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden dari total populasi 993 Mahasiswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji f (simultan), koefisien determinasi. Hasil analisis statistik untuk variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis statistik untuk variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien kualitas produk sebesar 0,207. Nilai t hitung = 3,732 > t tabel 0,2006. Hasil uji t untuk variabel kualitas produk diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ha 1 yang menyatakan bahwa kualitas produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) produk Honda Vario 125 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang diterima. Hasil analisis statistik untuk variabel kepercayaan merek diketahui bahwa koefisien regresi bernilai positif sebesar sebesar 0,992. Nilai t hitung = 4,883 > t tabel 0,2006. Hasil uji t untuk variabel kepercayaan merek diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ha 2 yang menyatakan bahwa kepercayaan merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Honda Vario 125 pada Mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang diterima. Berdasarkan uji ANNOVA (uji F) kualitas produk dan kepercayaan merek secara bersama-sama (simultan) dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian pembelian produk Honda Vario 125 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang. Hasil menunjukkan bahwa f hitung sebesar 37,341 > f tabel sebesar 3,09, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan kepercayaan merek secara bersama sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian Ha 3 yang menyatakan bahwa kualitas produk dan kepercayaan merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Honda Vario 125 pada Mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang diterima. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) diketahui nilai R Square sebesar 0,446 atau 44,6% hal tersebut mengandung arti bahwa kualitas produk dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,446 atau 44,6 %. Sedangkan 0,554 atau 55,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:07
Last Modified: 02 Feb 2021 07:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item