Abdul, Ghofir (2020) STUDY PEMIKIRAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD AL FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH SHALABI ALIH BAHASA OLEH ACHMAD ZAENI DACHLAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
166010055 Abdul Ghofir.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan I slam, Sejarah Muhammad Al-Fatih Sejarah Muhammad Al-Fatih dalam merebut kota Konstantinopel dari kekuasaan Nasrani dapat menjadi media pendidikan karakter bagi pembaca, y aitu dengan menelaah dan mendalami perilaku dari tokoh kisah tersebut. Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansiny a terhadap pendidikan I slam apa saja y ang terkandung dalam sejarah Muhammad Al-Fatih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat penelitian kepustakaan (library reseach), adapun sumber data utama y ang dipakai buku y ang berjudul Muhammad Al-Fatih- Generasi Emas Kesultanan Utsmani Kary a Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi dan buku-buku y ang relevan lainny a. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi y aitu mengumpulkan buku buku, artikel, majalah y ang berhubungan dengan objek penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansiny a terhadap pendidikan I slam pada sejarah Muhammad Al -Fatih. Pertany aan utama y ang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter y ang terkandung dalam sejarah Muhammad Al-Fatih. (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter Muhammad Al-Fatih dengan praktek pendidikan karakter masa kini. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: (1) penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan tentang media pendidikan karakter, dan (2) diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembaca dalam memahami hikmah dalam sebuah sejarah tokoh-tokoh I slam masa lalu, serta sebagai transformasi nilai pendidikan yang terdapat dalam kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Muhammad Al-Fatih berupa pengamalan religious, bersahabat, rasa ingin tahu, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan, menghargai prestasi, toleransi, peduli sosial. Pendidikan karakter dalam kaitanny a dengan pendidikan islam, mempuny ai relevansi y ai tu nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Muhammad Al Fatih memiliki karakter mulia y ang sesuai dengan tujuan pendidikan islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 07:24 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 07:24 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2541 |
Actions (login required)
View Item |