Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDY PEMIKIRAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD AL FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH SHALABI ALIH BAHASA OLEH ACHMAD ZAENI DACHLAN

Abdul, Ghofir (2020) STUDY PEMIKIRAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD AL FATIH KARYA ALI MUHAMMAD ASH SHALABI ALIH BAHASA OLEH ACHMAD ZAENI DACHLAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
166010055 Abdul Ghofir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan I slam, Sejarah Muhammad Al-Fatih Sejarah Muhammad Al-Fatih dalam merebut kota Konstantinopel dari kekuasaan Nasrani dapat menjadi media pendidikan karakter bagi pembaca, y aitu dengan menelaah dan mendalami perilaku dari tokoh kisah tersebut. Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansiny a terhadap pendidikan I slam apa saja y ang terkandung dalam sejarah Muhammad Al-Fatih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat penelitian kepustakaan (library reseach), adapun sumber data utama y ang dipakai buku y ang berjudul Muhammad Al-Fatih- Generasi Emas Kesultanan Utsmani Kary a Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi dan buku-buku y ang relevan lainny a. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi y aitu mengumpulkan buku buku, artikel, majalah y ang berhubungan dengan objek penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansiny a terhadap pendidikan I slam pada sejarah Muhammad Al -Fatih. Pertany aan utama y ang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter y ang terkandung dalam sejarah Muhammad Al-Fatih. (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter Muhammad Al-Fatih dengan praktek pendidikan karakter masa kini. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: (1) penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan tentang media pendidikan karakter, dan (2) diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembaca dalam memahami hikmah dalam sebuah sejarah tokoh-tokoh I slam masa lalu, serta sebagai transformasi nilai pendidikan yang terdapat dalam kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Muhammad Al-Fatih berupa pengamalan religious, bersahabat, rasa ingin tahu, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan, menghargai prestasi, toleransi, peduli sosial. Pendidikan karakter dalam kaitanny a dengan pendidikan islam, mempuny ai relevansi y ai tu nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Muhammad Al Fatih memiliki karakter mulia y ang sesuai dengan tujuan pendidikan islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:24
Last Modified: 01 Feb 2021 07:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item