Wahid Hasyim University | Digital Repository

METODE PENGAJARAN GHARA’IB QIRA’AH AL-QUR’AN DI KELAS VII TSANAWIYAH MADRASAH SALAFIYAH MIFTAHUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN APIK KAUMAN KALIWUNGU KENDAL

ABDUL, NUROSIN (2020) METODE PENGAJARAN GHARA’IB QIRA’AH AL-QUR’AN DI KELAS VII TSANAWIYAH MADRASAH SALAFIYAH MIFTAHUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN APIK KAUMAN KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010228 Abdul Nurosin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Ghara'ib Qira'ah al-Qur'an Di kelas VII Tsanawi yah Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah Al-Qur‟an merupakan sumber rujukan utama dalam I slam, salah satu metode yang digunakan dalam memahami al-Qur‟an dimulai dengan disiplin ilmu membacanya, yakni bagaimana cara membaca al-Qur‟an, salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui cara membaca al-Qur‟an adalah metode pengajaran gharib. Madrasah Salafi yah Miftahul Hidayah PP API K Kauman Kaliwungu Kendal merupakan lembaga ta’lim dan tarbiyah yang berkaitan langsung dengan al-iman, alislam, al-ihsan dan hal-hal yang yang berkaitan dengan tiga hal tersebut dengan kata lain disebut akhlaq karimah atau moral juga mengajarkan tentang metode pengajaran gharib pada setiap santri, khususnya pada kelas VII , hal ini dilakukan untuk menunjang kualitas santri dalam membaca al-Qur‟an, sedangkan rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana metode pengajaran Ghara’ib Qira’ah al-Qur’an di Kelas VII Tsanawi yah Madrasah Salafi y ah Miftahul Hidayah? Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pengajaran Ghara’ib Qira’ah alQur’an di Kelas VII Tsanawiyah Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah? Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk memperoleh data atau gambaran tentang letak geografis, sarana dan prasarana, keadaan para pengajar (kyai) dan para siswa ( Santri ). Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang Metode Pengajaran Ghara‟ib Qira‟ah al -Qur‟an di kelas VII Tsanawi yah Madrasah Salafi yah Miftahul Hidayah Kauman Kaliwungu Kendal. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang tinjauan historis dan struktur organisasi. Adapun teknis analisis yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pengajaran “Ghara‟ib Qira‟ah al-Qur‟an” di kelas VII Tsanawi yah Madrasah Salafi yah Miftahul Hidayah PP APIK Kauman Kaliwungu Kendal, dalam pengelolaan pendidikannya telah menerapkan adanya aspek-aspek manajemen pengajaran didalamnya, seperti ; (1) aspek perencanaan, yang meliputi (perencanaan materi pengajaran dan perencanaan metode pengajaran), (2) aspek pengorganisasian, y ang meliputi pembagian tugas dan tanggung jawab dari seorang kyai kepada staf pengurus kyainya (ustadz), (3) aspek pelaksanaan, dalam hal ini bagaimana seorang kyai mempengaruhi semua staf dan seluruh santrinya, (4) aspek pengawasan, dalam hal ini dengan memberikan kebijakan pengawasan (ta‟jir) diberlakukan bagi santri y ang melanggar aturan pondok pesantren dan madrasah salafi yah miftahul hidayah.Hasil penelitian ini diharapkan bahwa Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah PP API K Kauman kaliwungu Kendal mampu menjadi suatu pengajaran agama I slam yang dapat menguasai ilmu agama (tafaqquh fi al din).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:13
Last Modified: 01 Feb 2021 07:13
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item