Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA MA’HAD MUHAMMADIYAH DI PATANI SELATAN THAILAND

Afnan, Bahem (2020) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA MA’HAD MUHAMMADIYAH DI PATANI SELATAN THAILAND. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010190 Afnan Bahem.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Pendidikan agama I slam itu berlangsung selama hidup, y aitu berjuang terbentuknya insan kamil dengan pola takwa dapat mengelami perubahan naik turun, dan di tunjuikan untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan dari pribadi manusia secara menyeluruh melalui latihan-latihan kejiwaan, akal fikiran, kecerdasan dan panca indra. Karena itu pendidikan islam harus mengembangkan seluruh aspek kehidupan manusia, baik spiritual, intelektual, imajinasi ( fantasi), jasmaniah, keilmiahan dan bahasanya, baik secara individual maupun kelompok. Dalam membentuk akhlak siswa, perlu seorang pendidikan/guru yang benar benar menjadi teladan atau figur sehingga dapat menanam akhlak yang baik pada siswa. Pendidikan adalah seorang yang memiliki tanggung jawab memberi pertolongan pada peserta didik dalam perkembangan jasmani dan rohani, agae mencapai tingkat kedewasaannya, mampu berdiri sendiri memenusi tugasnya sebagaia hamba dan khalifah Allah SWT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptifyang didukung pengumpulan data melalui obserfasi, wawancara dan dukmentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan siswa. Jawaban wawancara tersebut diklafikasikan dan dikategorsasikan berdasarkan aspek dimenasi masalah selanjutny a di analisis serta interpretasikan secara deskriptif. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa Ma‟had Muhammadiyah di Patani Selatan Thailand. Hasil penelitian adalah bahwa (a) peran guru PAI sangat dominan dalam membentuk akhlakul karimah siswa secara menyeluruh dan kesenambungan, dengan cara keteladanan, pembiasaan, teguran dan larangan yang diterapkan didalam lingungan sekolah. (b) Bagi akhlak seseorang siswa sangat bergantung kepada sejauhmana seseorang guru dapat berperan dalam memberikan tunjuk ajar yang jelas terhadap kepentingan berbudi luhur dan berakhlak mulia takkala berinteraksi dengan guru dan rakan-rakannya. (c) Faktor pendukung adalah Kesadaran para siswa, Kebiasaan atau tradisi yang ada di Ma‟had Muhammadiyah, Motivasi dan dukungan dari kedua orang tua siswa. Faktor penghambat adalah : 1) Latar belakang siswa y ang kurang mendukung, 2) Lingkungan mas yarakat ( pergualan )siswa yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:48
Last Modified: 01 Feb 2021 06:48
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item View Item