Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs. PUTERI SUNNIYYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN

Evit, Yulia Sekarsari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs. PUTERI SUNNIYYAH SELO KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010163 Evit Yulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Jigsaw, Hasil Belajar Model jigsaw merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dalam model jigsaw didapatkan adanya proses kebersamaan dalam memahami materi yang dipelajari. Model pembelajaran adalah hal yang sangat penting bagi guru terhadap hasil belajar pada proses pembelajaran fiqih.untuk menyampaikan materi atau bagaimana cara materi tersebut dipelajari oleh siswa.Merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa baik penerapan model pembelajaran Jigsaw Learning di MTs. Puteri Sunniyyah Selo Kabupaten Grobogan ? (2) Seberapa baik hasil belajar siswa pada proses pembelajaran fiqih di MTs. Puteri Sunniyyah Selo Kabupaten Grobogan? (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Jigsaw Learning terhadap hasil belajar siswa pada proses pembelajaran fiqih? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan uji analisis menggunakan uji korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) kuisioner, (2) observasi, (3) interview, (4) dokumetasi. Analisis yang digunakan meliputi (1) analisis pendahuluan, (2) analisis hipotesa, (3) Analisis Lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Jigsaw Learning dapat diperoleh hasil mean atau rata-rata 48,52. Jika mean 48,52 tersebut di lihat pada tabel interval Model Pembelajaran Jigsaw Learning dapat dikategorikan baik dengan interval antara 50-54. Sedangkan nilai rata-rata Hasil Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Fiqih tidak terpaut jauh dengan nilai rata-rata Model Pembelajaran Jigsaw Learning yaitu 50,01. Jika pada tabel interval, Hasil Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Fiqih masuk ke dalam kategori Baik pada interval 51-54. Jadi dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Fiqih dikategorikan baik. Untuk uji hipotesa pada Model Pembelajaran Jigsaw Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Fiqih di MTs.Puteri Sunniyyah Selo Kabupaten Grobogan ini memiliki pengaruh antara yang menunjukan adanya signifikansi, baik pada taraf 5% maupun 1%. Pada taraf 5% yaitu diperoleh nilai 0,599 dengan r tabel pada signifikansi 5% yaitu 0,232 dan 1% yaitu 0,302.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:42
Last Modified: 01 Feb 2021 06:42
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item