Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP 1 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SULTAN FATTAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Eni, Endang Sari (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP 1 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SULTAN FATTAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010154 Eni Endang Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode The Learning Cell, Hasil Belajar. Metode the learning cell (sel belajar) salah satu dari beberapa system terbaik untuk membantu pasangan peserta didik belajar dengan lebih efektif adalah “learning cell” yang dikembangkan oleh Goldscmid dari Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne. The learning cell atau peserta didik berpasangan, menunjuk pada suatu bentuk belajar cooperatif dalam bentuk berpasangan, dimana peserta didik bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergantian berdasarkan materi bacaan yang sama. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode the learning cell dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mengetahui tentang ada tidaknya pengaruh anatara metode the learning cell dengan hasil belajar dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan penelitian file research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara, dan analisisnya menggunakan rumus korelasi Product Moment, penelitian kuantitatif yang digunakan penulis yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan kelas kontrol. Sehingga bisa ditarik kesimpulan untuk pre test kelas XI AP 1 kelas eksperimen dan pre test kelas XI AP 2 kelas kontrol sama-sama memperoleh nilai rata-rata 77 dan nilai post tes kelas XI AP 1 kelas eksperimen yang mendapat tritmen atau perlakuan disini memperoleh nilai rata-rata 80 untuk kelas XI AP 2 kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 78.Untuk kelas XI AP 1 nilai post test mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mendapatkan nilai rata-rata 80 hal ini dapat disimpulkan bahwa yang mendapatkan tritmen atau perlakuan disini variabel hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama berada dalam interval 78-80 atau dalam kategori cukup. Hasil analisis statistic korelasi product moment Pengaruh Penerapan Metode The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI AP 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Sultan Fattah Demak didapatkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:39
Last Modified: 01 Feb 2021 06:39
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item