Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP EKA SAKTI BANYUMANIK SEMARANG

Ayda, Apriliani (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP EKA SAKTI BANYUMANIK SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010109 Ayda Apriliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang dikembangkan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan soft skills dan hard skills yang berupa sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Implementasi kurikulum 2013 dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu penerapan pembelajaran pada kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013, dan penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013. Pada implementasi kurikulum 2013 dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik. Dengan menerapkan kurikulum 2013 dengan baik sesuai dengan ketentuan dan aturan pemerintah, dalam meningkatnya hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rapot atau nilai keseharian dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Maka dalam penulisan skripsi ini peneliti mempunyai tujuan dilakukannya penelitian ini, doantaranya adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Sakti Banyumanik Semarang. Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang berupa data-data yang tertulis, pengamatan ke lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat teknik pengumpulan data dan analisis secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya, disini peneliti sertakan dokumentasi yang lengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitiannya yaitu implementasi kurikulum 2013 adalah ketentuan dan ketetapan dari pemerintah untuk diterapkan disemua jenjang pendidikan formal. Semua tergantung pada sekolah masing-masing. Bagaimana cara sekolah tersebut menerapkannya sehingga dapat berpengaruh kepada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:57
Last Modified: 01 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item