Hanifatin, Rofiah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT-SIFAT ROSUL ALLAH PADA KELAS VIII DI SMP ASSIRAJIYAH MENUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
156010104 Hanifatin Rofiah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Hasil Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Sifat-sifat Rosul Allah. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asisted Individualization) merupakan salah satu dari pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mengatasi kesulitas belajar siswa secara individual dan dapat membentuk siswa untuk lebih aktif dalam menganalisis dari sebuah permasalahan sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat meningkat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak, (3) Adakah Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). (2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif, Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Kuisioner (Angket), (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik sampel purposive. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan : (1) Pelaksanaan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam kategori “Baik”, (2) Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dalam kategori “Baik‟‟, (3) pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan analisis korelasi product moment Rt maka signifikan sehingga hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 04:51 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 04:51 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2514 |
Actions (login required)
View Item |