Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA BUKU PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI LEARNING KELAS VIII A SMP KESATRIAN 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANINDA, SETYANINGRUM (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA BUKU PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI LEARNING KELAS VIII A SMP KESATRIAN 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010101 Aninda Setyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Minat Baca, Buku Pelajaran PAI, Metode Inkuiri Learning. Minat Baca yaitu keinginan yang kuat, yang disertai dengan usaha-usaha seseorang untuk membaca. Orang yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkannya dalam kesediaannya untuk mendapatkan bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadarannya sendiri atau dorongan dari luar Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Metode Inkuiri Learning di Kelas VIII A SMP Kesatrian 02 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana minat baca buku pelajaran PAI pada siswa di Kelas VIII A SMP Kesatrian 02 Semarang dengan menggunakan Metode Inkuiri Learning Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana peningkatan minat baca siswa pada buku pelajaran PAI dengan menggunakan Metode Inkuiri Learning di Kelas VIII A SMP Kesatrian 02 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Penerapan Metode Inkuiri Learning di kelas VIII A SMP Kesatrian 02 Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Minat baca buku pelajaran PAI pada siswa di kelas VIII A SMP Kesatrian 02 Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Peningkatan minat baca siswa pada buku pelajaran PAI dengan menggunakan Metode Inkuiri Learning di kelas VIII A SMP Kesatrian 02 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi, (4) Tes. Analisis kuantitatif yang digunakan meliputi : (1) Rata-Rata (Mean) dan (2) Distribusi Frekuensi Relatif. Simpulan penelitian ini menunjukkan : (1) hasil tes siswa pada setiap siklusnya mengalami sebuah peningkatan pada pra siklus 100% dengan rata-rata 72,60 yang diikuti sejumlah 28 siswa, siklus I 61,53% dengan rata-rata 75,80 yang diikuti sejumlah 26 siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 81,48% dengan rata-rata 84,74 yang diikuti 27 siswa, dalam siklus II telah mengalami peningkatan yang baik, akan tetapi masih perlu dilakukan tes pada siklus III 100% dengan rata-rata 93,03 yang diikuti sejumlah 28 siswa. (2) Rata-rata atau mean dari hasil observasi minat baca dari pra siklus 100% dengan nilai rata-rata 2, siklus I menjadi 61,53% dengan nilai rata-rata 3 dan kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 81,48% dengan nilai rata-rata 4, terjadi peningkatan lagi pada siklus III menjadi 100% dengan nilai rata-rata 5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:47
Last Modified: 01 Feb 2021 04:47
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item