Dianti, Noviananingrum (2020) IMPLEMENTASI UNSUR MIKIR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, REFLEKSI) PADA PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SUJUD SYUKUR KELAS VIII B DI MTs NU 15 JURANGAGUNG, PLANTUNGAN, KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
156010097 Dianti Novianingrum.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi, Unsur MIKIR, Fiqih, MTs NU 15 Jurangagung. Pembelajaran yang efektif dan menarik merupakan langkah dalam upaya meningkatkan minat peserta didik terhadap proses pembelajaran. Langkah ini penting dilakukan sebagai inovasi terhadap proses pembelajaran yang bersifat monoton, yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Bagaimana penerapan unsur MIKIR yang digunakan guru pada pembelajaran fiqih di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal? (2) Apakah faktor penghambat dan pendukung penerapan unsur MIKIR pada pembelajaran fiqih di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan unsur MIKIR yang digunakan guru pada pembelajaran fiqih di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal, (2) Untuk mengetahui apakah faktor penghambat dan pendukung penerapan unsur MIKIR pada pembelajaran fiqih di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data, dan (2) penyajian data. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan unsur MIKIR pada pembelajaran fiqih materi sujud syukur kelas VIII B di MTs NU 15 Jurangagung sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari tuujuan pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Dalam penggunaan metode sudah disesuaikan dengan keadaan siswa dan materi yang disampaikan. (2) Pelaksanaan unsur MIKIR dalam proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari cara mengajar yang selalu menggunakan RPP untuk dijadikan panduan ketika mengajar, kemampuan guru dalam mengelola kelas sehingga membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. (3) evaluasi yang digunakan guru dalam pelaksanaan unsur MIKIR di MTs NU 15 Jurangagung dilakukan dengan memberikan penilaian tiga ranah, antara lain ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (ketrampilan).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 04:46 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 04:46 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2511 |
Actions (login required)
View Item |