Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII YANG LULUSAN MI DAN LULUSAN SD DI SMP HASANUDDIN X SEDAYU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muchammad, Jauharil Anwar (2020) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII YANG LULUSAN MI DAN LULUSAN SD DI SMP HASANUDDIN X SEDAYU KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010093 M Jauharil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Studi, Komparasi, Kemampuan, Membaca, Lulusan MI dan Lulusan SD. Pendidikan Al-Qur’an akan memegang peranan penting dalam memperkokoh ketahanan rohaninya. Jika pendidikan Al-Qur’an terus dikembangkan, maka nilainilai Al-Qur’an akan mampu mendampingi mereka dalam melukis sejarah mereka sendiri. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi semua pihak untuk terus dan terus memasyarakatkan Al-Qur’an dengan tekanan kepada pendalaman isi serta kandungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Seberapa besar kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Hasanuddin X Sedayu Tahun Ajaran 2019/2020 yang lulusan dari SD (2) Seberapa besar kemampuan membaca AlQur’an siswa kelas VII SMP Hasanuddin X Sedayu Tahun Ajaran 2019/2020 yang lulusan dari MI (3) Ada tidaknya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Hasanuddin X Sedayu Tahun Ajaran 2019/2020 antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI. Penelitian ini adalah Field Research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Metode tes, (2) Metode observasi, (3) Metode interview, (4) Metode dokumentasi. Analisis yang digunakan meliputi (1) Analisis Pendahuluan, (2) Analisis Uji Hipotesis, (3) Analisis Lanjut. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) Kemampuan membaca AlQur’an siswa kelas VII SMP Hasanuddin X Sedayu Kota Semarang yang lulusan MI, berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-ratanya adalah 69.5652 dan dikategorikan “cukup”, yakni letak antara 58 – 66, pada frekuensi 14.286% dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa proses belajar mengajar Al-Qur’an yang diterima siswa yang lulusan MI berhasil. (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII yang lulusan SD, berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-ratanya adalah 78.6957 dan dikategorikan “cukup”, yakni letak antara 73 – 80, pada frekuensi 14.286%. dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa proses belajar mengajar Al-Qur’an yang diterima siswa yang lulusan SD berhasil. (3) Dalam uji beda melalui uji t-test didapatkan hasil t hitung yaitu 3,666. Sedangkan t tabel yaitu 2,02 pada taraf signifikansi 5% dan 2,71 pada taraf 1%. Oleh karena itu maka t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian maka kesimpulannya ada perbedaan yang signifikan antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI pada kemampuan membaca Al-Qur’an Kelas VII SMP Hasanuddin X Sedayu Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:37
Last Modified: 01 Feb 2021 04:37
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item