Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PELAKSANAAN PRETEST DAN POSTTEST DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST KELAS XI MA MIFTAHUSSALAM WONOSALAM DEMAK TAHUN AJARAN 2019-2020

Sayidatur, Rohmah (2020) PENGARUH PELAKSANAAN PRETEST DAN POSTTEST DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST KELAS XI MA MIFTAHUSSALAM WONOSALAM DEMAK TAHUN AJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010088 Sayidatur Rohmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pretest, Posttest, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifika dalam pemberian pretest dan posttest terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadist antara kelas eksperimen (menggunakan treatment berupa pretest dan posttest) dengan kelas kontrol (tidakmenggunakan treatment berupa pretest dan posttest) siswa kelas XI MA Miftahussalam Wonosalam Demak Tahun Ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Eksperimental Research) yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (kausal) antara dua faktor yang sengaja di timbulkan oleh peneliti dengan mengurangi atau menyisikan faktor-faktor yang mengganggu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 59 siswa, yang terdiri dari kelas XI IPS 1 yang dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan berupa analisis korelatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen, dari nilai rata-rata tes awal70.52 meningkat pada nilai tes akhir menjadi 83.41. Kelas kontrol nilai rata-rata tes awal 70.50 meningkat pada ratarata nilai tes akhir sebesar 75.81. Melihat perbedaan skor dari masing-masing kelas tersebut, menunjukkan bahwa pengaruh pelaksanaan pretest dan posttest sangat signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist kelas XI MA Miftahussalam Wonosalam Demak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:14
Last Modified: 01 Feb 2021 04:14
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item