Wahid Hasyim University | Digital Repository

Studi Komparasi Hasil Belajar siswa antara Menggunakan Metode Qiro’ati dengan Metode Baghdadiyah/Turutan di Desa Penggaron Lor Rt 01 Rw 01 Kec. Genuk Semarang

M., Ikhsan (2020) Studi Komparasi Hasil Belajar siswa antara Menggunakan Metode Qiro’ati dengan Metode Baghdadiyah/Turutan di Desa Penggaron Lor Rt 01 Rw 01 Kec. Genuk Semarang. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010077 M Ikhsan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Kata kunci : hasil belajar, Metode Qiro‟ati, Metode Baghdadiyyah. Skripsi ini membahas tentang studi komparasi hasil belajar siswa dalam membaca al-qur‟an yang menggunakan metode qiro‟ati dengan siswa yang menggunakan metode baghdadiyyah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) bagaimana hasil belajar membaca al-qur‟an siswa yang menggunakan metode qiro‟ati di ? (2) bagaimana hasil belajar membaca al-qur‟an siswa yang menggunakan metode baghdadiyyah ? (3) adakah perbedaan hasil belajar membaca al-qur‟an antara siswa yang menggunakan metode qiro‟ati di dan siswa yang menggunakan metode baghdadiyyah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilaksanakan langsung dilapangan atau pada responden, sampel penelitian sebanyak 27 responden. Dalam penelitian ini mengambil sampel teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes membaca dan pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan membaca al-qur‟an antara siswa yang menggunakan metode qiro‟ati dengan menggunakan metode baghdadiyyah. Sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisisnya dengan menggunakan rumus korelasi produc moment Kajian ini menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil belajar siwa yang menggunakan metode qiro‟ati termasuk dalam kategori “ sedang‟‟ hal ini dibuktikan dengan jumlah rata-rata 40,67. (2) rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode baghdadiyyah termasuk dalam kategori “ sedang‟‟ hal ini dibuktikan dengan rata-ratanya adalah 59,04, dari analisis uji hipotesis di peroleh hasil rxy = 0,665 sedangkan rtabel untuk taraf signifikan 5% = 0,381 dan taraf signifikan 1% = 0,487. rxy lebih besar dari rtabel berarti ada perbedaan hasil belajar membaca al-qur‟an antara siswa yang menggunakan metode qiro‟ati dan santri yang menggunakan metode baghdadiyyah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:02
Last Modified: 01 Feb 2021 04:02
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item