Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI TKRO SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN AJARAN 2018/2019

Siti, Nur Azizah (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI TKRO SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010072 Siti Nur Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Pembelajaran, Everyone is a Teacher Here, Keaktifan, Hasil Belajar Strategi Pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan yang termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah dengan ikut serta melibatkan peserta didik dalam penyampaian materi, agar peserta didik merasa depentingkan dalam proses pembelajaran. Peserta didik akan menjadi aktif ketika mengikuti pembelajaran dengan adanya penggunaan strategi pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi everyone is a teacher here dalam meningkatkan keaktifan belajar? (2) Bagaiaman penerapan strategi everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar? (3) Adakah pengaruh antara strategi everyone is a teacher here dengan keaktifan dan hasil belajar di SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN AJARAN 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui seberapa besar keaktifan siswa dalam belajar di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui seberapa besar hasil belajar di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Mengetahui adakah pengaruh antara strategi Everyone is a Teacher Here dengan keaktifan dan hasil belajar di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Angket, (2) Metode tes, (3) Metode observasi, (4) metode interview, (5) Metode dokumentasi. Analisis yang digunakan meliputi (1) Uji validitas soal, (2) Uji reliabilitas soal, (3) Uji beda menggunakan t-test, (4) pembuktian hipotesa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil prettest nilai hasil belajar pada kelas eksperimen dengan strategi everyone is a teacher here rata-rata nilai 76,8, sedangkan pada kelas kontrol dengan metode ceramah rata-rata nilai 76,6. (2) Rata-rata kekatifan pada kelas eksperimen yaitu 70 dengan nilai maksimum 77, dan rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 59 dengan nilai maksimum 71. (3) Uji t nilai Sig = 0,000 < 0,05, nilai Sig lebih kecil dari nilai ttabel pada taraf 5%. Dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas ekperimen 85, dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 79. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada materi 10 tokoh pembaharu Islam modern dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here terdapat pengaruh signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:00
Last Modified: 01 Feb 2021 04:00
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2504

Actions (login required)

View Item View Item