Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BTQ TERHADAP KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG

Desi, Kartika Sari (2020) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BTQ TERHADAP KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
156010048 Desi Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Keaktifan Mengikuti Ekstrakulikuler BTQ dan Kelancaran Membaca Al-Qur‟an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler BTQ di SMAN 12 Semarang, Bagaimana kelancaran membaca Al-Qur‟an siswa di SMAN 12 Semarang, Adakah pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler BTQ terhadap kelancaran membaca Al Qur‟an siswa di SMA N 12 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan metode pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi, wawancara, Tes. Teknik analisis pengumpulan data menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesi, analisi lanjutan. Hasil penelitian Keaktifan mengikuti exstrakulikuler BTQ di SMA N 12 Semarang termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 74 pada interval 69-78. Kelancaran membacan al-qur‟an siswa SMA N 12 Semarang termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 76 yang terletak pada interval 74-82. ada pengaruh Keaktifan mengikuti exstrakulikuler BTQ terhadap Kelancaran membacan al-qur‟an siswa SMA N 12 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan harga yang diperoleh sebesar 0,565 dan dengan df=N nr = 28-2= 26 pada taraf signifikan 5% diperoleh = 0,374 pada taraf signifikan 1% diperoleh = 0,478 yang berarti guru hendaknya mensosialisaikan akan ekstrakulikuler BTQ kepada siswa , sehingga siswa bersemangat dalam belajar, sehingga bisa menghasilkan suasana yang menyenangkan dan keaktifan siswa pun akan lebih menjadi lebih baik. Mengikuti ekstrakulikuler yang diterapkan oleh guru dengan benar-benar sehingga pembelajaran itu dapat diikuti dengan baik dan dapat dipahami, sehingga menimbulkan semangat, dan jika mengikuti dengan baik, akan menghasilkan hasil yang baik tentunya pada hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:37
Last Modified: 01 Feb 2021 03:37
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item