M. Saifuddin, al Huda (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM SURAH AL HUJURAT AYAT 6-12 DAN RELEVANSINYA DENGAN TEORI-TEORI PENDIDIKAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
146010204 M Saifuddin Al Huda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Surah Al Hujurat Ayat 6-12 dan teori-teori Pendidikan Penelitian ini di latar belakangi oleh menghina ataupun mencemooh merupakan suatu penghinaan. Jika hal ini terjadi di antara orang Islam sungguh hal itu merupakan pukulan yang menyakitkan dan meretakkan hubungan yang telah ada di antara keduanya. Padahal persaudaraan dalam satu akidah itu sebetulnya lebih kuat, lebih mendasar dan lebih mulia. Surah al-Hujurat Ayat 6-12 layak dijadikan pedoman dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam di masyarakat, karena mengandung nilai-nilai persaudaraan, sosial kemasyaratan universal dan tidak pernah mengalami perubahan karena perbedaan kondisi, tempat dan waktu. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam surah al Hujurat ayat 6-12. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam surah al Hujurat ayat 6-12 dengan teori-teori pendidikan. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surah al Hujurat ayat 6-12 diantaranya menjunjung tinggi kehormatan sesama muslim dengan tidak mengolok-olok, mencela, memanggil dengan gelaran yang buruk, az-zann (berprasangka), tajassus, ghibah. peserta didik juga perlu terbiasa bersikap terbuka, ta’aruf, toleran dan mengedepankan taubat. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surah al Hujurat ayat 6-12, relevan dengan teori-teori pendidikan di mana teori behaviorisme terhadap teori mengembangkan kebiasaan yang diberikan kepada peserta didik terhadap nilai pendidikan dalam surah al Hujurat ayat 6-12, teori kognitif ini adalah bagaimana seorang pendidikan memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang nilai dalam nilai pendidikan Islam, Teori kontruktivistik mengarahkan dalam nilai pendidikan Islam dengan menekankan adanya pemberian pengalaman yang luas pada peserta didik dan memberikan ruang kepada peserta didik dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri berdasarkan pengetahuannya dan interaksi sosial, dan terakhir teori humanistik menekankan peserta didik untuk memahami nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan pengembangan potensi kemaniasaan yang ada pada diri siswa, guru perlu memberikan kebebasan setiap peserta didik menggali nilai tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan lebih banyak mengarahkan proses pendidikan yang aktif dan partisipatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 03:27 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 03:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2498 |
Actions (login required)
View Item |