SUPRIYATIN, SUPRIYATIN (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 2 SIRAMPOG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
18200011063 Supriyatin.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci: Pembentukan, Karakter, Religius Pendidikan karakter merupakan program pemerintah dalam mempersiapkan generasi emas terutama karakter Religius. Hal ini disebabkan banyak anak-anak yang tidak melaksanakan shalat lima waktu karena tidak dibiasakan dalamkehidupan sehari hari, anak yang tidak bisa membaca Al qur‟an, anak yang tidak menghargai guru dan orang tua, anak yang tidak mau membantu orang lain yang sedang kesusahan, dan anak yang tidak bisa menjaga kebersihan. Dari usia SMP anak dididik terbiasa dengan melaksanakan kegiatan keagamaan, sehingga anak akan terbiasa melakukan kewajiban kepada Allah. Pada kesempatan ini penulis bermaksud membahas tentang (1) Pembentukan Karakter Religius di SMP Negeri 2 Sirampog.(2) Bagaiman upaya pembentukan karakter religius di SMP Negeri 2 Sirampog (3) Apa pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius di SMP Negeri 2 Sirampog Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukan hasil yaitu : (1) Pembentukan karakter Religius di SMP Negeri 2 Sirampog, merupakan program sekolah yang tertuang dalam Visi Misi sekolah dan tujuan sekolah. Dengan harapan lulusan SMP Negeri 2 Sirampog yang berstatus negeri dapat terjun di masyarakat yang notabene masyarakat agamis. Ketika lulusan dari SMP Negeri 2 Sirampog menguasai ilmu agama dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebuah nilai plus dalam ajang promosi sekolah. (2) Kegiatan keagamaan yang merupakan budaya religius di SMP Negeri 2 Sirampog adalah sebagai upaya pembentukan karakter religius. Peserta didik dibiasakan melakukan kegiatan keagamaan ini agar nilai-nilai religius tertanam kuat di hati peserta didik. Bersalaman dengan bapak ibu guru dan karyawan didampingi bapak kepala sekolah di depan pendopo sekolah, sarapan qur‟an setelah bel masuk, 15 menit sebelum KBM dimulai anak-anak membaca ayat-ayat suci Al qur‟an, pada saat istirahat kedua pas waktu sholat dhuhur anak-anak melaksanakan shalat dhuhur secara berjamaah, setiap hari anak-anak menjaga kebersihan kelas dan lingkungan dengan jadwal piket kebersihan, setiap jumat anak menyisihkan sebagian rezekinya dalam program jum‟at infak (3) Keberhasilan pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan karakter religius tidak lepas dari faktor pendukung yaitu dimulai kepala sekolah yang selalu mensupport dan mendampingi kegiatan keagamaan, seluruh guru dan karyawan yang selalu memberikan contoh dan teladan yang baik, guru PAI yang selalu mendampingi kegiatan siswa dengan pembina OSIS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 02:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 02:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2453 |
Actions (login required)
View Item |