Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERBANDINGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN GAYA MENGAJAR EKSPLORASI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI MA NAHDLATUL ULAMA MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2020

ANDRE, DWI SUSILO (2020) PERBANDINGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN GAYA MENGAJAR EKSPLORASI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI MA NAHDLATUL ULAMA MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
148010034 Andre Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Gaya mengajar Resiprokal, Gaya mengajar Eksplorasi, Passing Atas Bola Voli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar eksplorasi dan untuk mengetahui gaya mengajar mana yang lebih berpengaruh terhadap peningkatan KKM antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar eksplorasi terhadap passing atas bola voli pada siswa kelas XI IIS-1 MA Nahdlatul Ulama Mranggen. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan design pretest dan postest. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan rencana Purposive sampling yaitu siswa kelas XI IIS-1 MA Nahdlatul Ulama Mranggen sebanyak 21 siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu eksperimen 1 (kelompok resiprokal) dan eksperimen 2 (kelompok Eksplorasi), dimana diberi latihan gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar eksplorasi. Gaya mengajar resiprokal memberikan hasil terhadap pembelajaran passing atas bola voli pada siswa kelas XI IIS-1 MA Nahdlatul Ulama Mranggen. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil rata-rata kelompok saat pre-test sebesar 73,2 dan saat post-test sebesar 84,8. Gaya mengajar eksplorasi memberikan hasil terhadap kemampuan siswa XI IIS-1 MA Nahdlatul Ulama Mranggen dengan hasil rata-rata kelompok saat pre-test sebesar 71,2 dan saat post-test sebesar 81,4. Terdapat perbandingan hasil antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar eksplorasi, dimana gaya mengajar resiprokal lebih kuat dan signifikan dibandingkan dengan kelompok eksplorasi. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai akhir dengan gaya mengajar resiprokal terdapat 11 anak mencapai KKM sedangkan gaya mengajar eksplorasi terdapat 9 siswa yang mencapai KKM dan 1 siswa yang tidak mencapai KKM. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada perbandingan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar eksplorasi sama-sama memberikan hasil terhadap hasil belajar atau peningkatan KKM materi passing atas bola voli pada siswa kelas XI IIS-1 MA Nahdlatul Ulama Mranggen. Hasil penelitian ini juga menunjukan terdapat perbandingan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar eksplorasi, dimana gaya mengajar resiprokal hasilnya lebih baik dari gaya mengajar eksplorasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:49
Last Modified: 27 Jan 2021 05:49
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item