Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS PUTERI SUNNIYYAH SELO GROBOGAN

SITI, NUR JANAH (2020) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS PUTERI SUNNIYYAH SELO GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
166010120 Siti Nur Janah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kata Kuci : Kualitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Picture and Picture Kualitas Pembelajaran adalah secara operasional dapat diartikan sebagai intensitas keterkaitan sistemik dan sinergis guru, siswa, kurikulum, dan bahan belajar, media, fasilitas, dan sistem pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tuntutan kurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran di MTs Puteri Sunniyyah Selo Grobogan yang terdiri dari keterampilan guru, aktivitas siswa dan Hasil Belajar siswa, karena kualitas pembembelajaran akan berhasil apabila keterampilan guru memenuhi dan aktivitas siswa menjadi aktif dan penuh semangat yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan tindakan kelas. Desain penelitiannya berupa siklus pertama , siklus kedua dan siklus ketiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data secara kualitatif dan analisa data yang bersifat deskriptif kuantitatif. Hasil keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siklus 1 nilai keterampilan guru yaitu masuk kategori C atau Cukup, tingkat ketuntasan atau nilai aktivitas siswa siklus 1 yaitu masuk kategori C, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 36%. Ini berarti angka ketidaktuntasan siswa mencapai 63%. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berkali-kali sebanyak 3 kali maka hasil keerampilan guru mengalami peninggkat menjadi B atau Baik, Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu menjadi B, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ketuntasan siswa pada siklus yang ke 2 mencapai 66,6%, setelah dilaksanakan siklus yang ke 3 nilai keterampilan guru mengalami peninggkata yaitu A atau Sangat Baik, Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu A, dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90,33%. Hasil yang dicapai pada siklus 3 merupakan bukti bahwa model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas Siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIIII di MTs Puteri Sunniyyah Selo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:43
Last Modified: 12 Jan 2021 07:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item