Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PROSES BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RT 002 RW 001 KELURAHAN SEKAYU KOTA SEMARANG

ACHMAD, MUSTOFA (2020) PERAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PROSES BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RT 002 RW 001 KELURAHAN SEKAYU KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
166010064 Achmad Mustofa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Kata Kunci:Perhatian orang tua, proses belajar anak dari rumah, pandemi covid-19 Kegagalan pendidikan anak banyak disebabkan karena tidak adanya kedamaian dan ketenteraman dalam keluarga sebagai akibat dari tidak adanya perhatian terhadap anak dalam proses belajar. Untuk mengetahui peran perhatian orang tua terhadap proses belajar anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 di RT 002 RW 001 Kelurahan Sekayu Kota Semarang, untuk mengetahui Peran perhatian orang tua terhadap proses belajar anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 di RT 002 RW 001 Kelurahan Sekayu Kota Semarang dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung terhadap proses belajar anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 di RT 002 RW 001 Kelurahan Sekayu Kota Semarang Metode penelitian adalah riset lapangan atau field research. Subjek Penelitian, Subjek yang akan diteliti adalah anak-anak Sekolah di RT 002 RW 001 Kelurahan Sekayu Kota Semarang.Objek penelitian ini akan dilaksanakan di RT 002 RW 001 Kelurahan Sekayu Kota Semarang. Analisis data yang digunakan adalah analisis non statistik melainkan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: Kondisi pandemi Covid-19 di RT 002 RW 001 Kelurahan Sekayu Kota Semarang. Dilihat dari sisi ekonomi tidak begitu berpengaruh tetapi di lihat dari segi pendidikan ini menunjukkan sangat mempengaruhi karena kesiapan dari sekolah maupun dari siswa untuk mengikuti pembelajaran daring. Peran perhatian orang tua dalam mengawasi proses belajar anak di rumah pada masa pandemi Covid-19, orang tua menjadi guru secara otomatis, menemani belajar anak, membantu menjelaskan materi pelajaran kepada anak, memberikan sarana mengakses belajar dari rumah seperti laptop, smart phon dan lain-lain, menfasilitasi akses internet . Faktor penghambat dalam terhadap proses belajar anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 diantaranya: keterbatasan akses internet atau kuota, tidak memiliki lektop atau gaadged, kurangnya Perhatian orang tua, kesulitan dalam memahami pelajaran karena proses belajar daring, sedangkan faktor pendukung di antranya tersedianya alat belajar daring, adanya minat siswa dalam proses belajar daring , adanya motivasi dari orang tua danKondisi siswa yang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:54
Last Modified: 12 Jan 2021 03:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item