Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN METODE ONE DAY ONE SURAH PADA SANTRI DI TPQ TAQWA AL-MUHAJIRIN SAMPANGAN

Safrina, Khoirunnisa (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN METODE ONE DAY ONE SURAH PADA SANTRI DI TPQ TAQWA AL-MUHAJIRIN SAMPANGAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
166010011 Safrina Khoirunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Menghafal, Metode One Day One Surah, Santri TPQ Mengajarkan Al-Qur’an merupakan salah satu bagian tanggung jawab untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada orang Islam. Hal itu berkaitan tentang bagaimana cara membaca dan belajar Al-Qur’an secara benar berdasarkan aturan pembacaan Al-Qur’an (tajwid). Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk membuat penelitian tentang keadaan kemampuan menghafal santri di TPQ Taqwa Al-Muhajirin. Kemampuan menghafal santri perlu ditingkatkan dengan metode One Day One Surah. Penelitian ini merupakan salah satu pemecahan masalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keadaan hafalan santri TPQ Taqwa Al-Muhajirin Sampangan. 2) mengetahui apakah melalui metode One Day One Surah dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an santri TPQ Taqwa Al-Muhajirin. 3) mengetahui peningkatan kemampuan hafalan santri TPQ Taqwa Al-Muhajirin Sampangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan deskriptif tindakan 2 siklus, dimana siklus pertama dan siklus kedua ada empat pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan pra-tindakan yang dilakukan oleh peneliti adalah pra siklus untuk mengetahui kemampuan awal santri. Tes ini dijadikan acuan untuk melakukan pembelajaran pada siklus pertama. Hasilnya nilai rata-rata pada pra-siklus adalah ketuntasan menghafal santri hanya 31% atau hanya 4 santri yang tuntas dari 13 santri dengan nilai rata-rata 65,4. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode One Day One Surah, hasil menghafal santri mengalami peningkatan pada siklus I yaitu ketuntasan belajar santri mencapai 77% atau 10 santri yang tuntas dengan nilai rata-rata 76,2. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar santri mencapai 92% atau 12 santri tuntas dengan nilai rata-rata 82,3. Hasil tersebut sesuai batas kreteria ketuntasan minimal yang telah ditargetkan dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan hipotesis yang menyatakan bahwa “Metode One Day One Surah dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran surat pendek di TPQ Taqwa Al-Muhajirin Sampangan” dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:44
Last Modified: 12 Jan 2021 03:44
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item