Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT IDAIN DENGAN MEMAKAI METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII MTs NURUL IHSANTROMPO KENDAL PADA TAHUN AJARAN 2018/2019

Akhlis, Fauzal Muqoffa (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT IDAIN DENGAN MEMAKAI METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII MTs NURUL IHSANTROMPO KENDAL PADA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
156010253 Akhlis Fauzal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Drill dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Materi Sholat Idain.. Pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan seorang guru dalam mengajar maupun mendidik terhadap peserta didiknya. Mata pelajaran Fikih adalah salah satu mata pelajaran PAI yang mengarahkan serta memberikan pengertian dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan syari’at atau petunjuk agama Islam. Metode dalam belajar sangat dibutuhkan untuk memicu perkembangan peserta di dalam belajar. Fokus dalam Penelitian ini adalah: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi serta Penilaian, (4) Refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dibagi menjadi 3 siklus yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Instrumen Penilaian atau Test, (4) Dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan teknik analisis statistic deskriptif komparatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) Untuk mengetahui seperti apakah penerapan pembelajaran siswa pada mata pelajaran fikih juga supaya dapat memicu keaktifan belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. (2) Untuk mengetahui hasil perkembangan maupun peningkatan belajar siswa di kelas VII pada mata pelajaran fikih materi sholat idain dengan metode drill. Simpulan Penelitian menunjukkan: Upaya peningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih materi sholat idain dengan memakai metode drill pada pembelajaran di kelas VII MTs Nurul Ihsan Trompo Kendal, dapat dilihat dari hasil belajar dengan KKM 75 tiap siklusnya dimana pada pra siklus yakni 14 siswa 47% , mengalami kenaikan dari siklus I yakni 15 siswa atau 50%, dan pada siklus II ada 24 siswa atau 80%. Hasil ini sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu KKM mencapai 80%. Dengan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan upaya memakai metode drill pada pembelajaran mata pelajaran fikih materi sholat idain dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih pada siswa kelas VII MTs Nurul Ihsan Trompo Kendal pada tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:42
Last Modified: 12 Jan 2021 03:42
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item