Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI/SLBN (TUNA GRAHITA C) SEMARANG TAHUN 2019-2020

SUBKI, SUBKI (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI/SLBN (TUNA GRAHITA C) SEMARANG TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img] Text
156010018 Subki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru adalah kebutuhan utama dalam dunia pendidikan, dan pendidikan adalah kebutuhan bagi setiap manusia, begitu juga dengan anak berkebutuhan kusus, ABK (Tunagrahita) mereka juga mempunyai hak untuk belajar di dunia pendidikan, secara eksplisit anak berkebutuhan kusus (tuna grahita) berbeda dalam dalam melakukan pendekatan pembelajaran, disebabkan karena mempunyai intelegensi dibawah rata-rata, anak tunagrahita biasanya di dalam dunia pendidikan diberi koding C, yang artinya Cerdas, tunagrahita adalah istilah penyebutan untuk orang orang yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata. Tunagrahita memiliki kekurangan diantaranya masalah kemandirian, masalah ganguan belajar dan penyesuaian dalam lingkungan Peran Pendidikan agama islam sangat penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa melalui pendekatan-pendekatan kusus dan mengembangkan potensi yang masih dimiliki agar mereka bisa hidup mandiri. Dari latar belakang tersebut maka ada beberapa permasalahan yang akan di kaji dalam penelitian ini antara lain: 1)Bagaimanakah Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa Tunagrahita? 2) Bagaimanakah metode pengembangan kepercayaan diri diri anak tunagrahita? 3)Bagaimanakah hambatandan penunjangGuru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni membuat gambaran secara sistematis mengenai fakta yang ada. Penelitian ini merupakan jenis penilitan field reseach dimana penelitian dilakukan langsung ke lapangan. Dalam mengumpukan data mengunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara, setelah pengumpulan dalta dilakukan reduksi data dan penyajian data dengan mengunakan metode deskriptif analitik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Peran Guru Pendidikan agama islam dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa berperansangat penting yaitu sebagai motivator, guru sebagai pengajar dan pembimbing, sedangkan metode yang digunakan yaitu, ceramah,tanya jawab dan demonstrasi, adapun penghambatnya yaitu jam terbang guru blum tinggi, kemampuan peserta didik terbatas dan kurangnya kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:24
Last Modified: 12 Jan 2021 03:28
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item