Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI MODELLING THE WAY TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS X MA AL-HIDAYAH GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Zulfatul, Maghfiroh (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI MODELLING THE WAY TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS X MA AL-HIDAYAH GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keaktifan Siswa adalah sikap dan perilaku giat yang ditunjukan atau ditampilkan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sebagaimana aktivitas belajar yang lainnya, keaktifan belajar berupaya untuk meningkatkan kegiatan siswa dalam mengikuti pelajaran, terutama keaktifan dalam bertanya, mengemukakan pendapat, memecahkan suatu masalah dan mengerjakan tugas. Dorongan untuk belajar demi mencapai tujuan dari belajar itu dapat diciptakan dengan strategi pembelajaran yang tepat. Keaktifan siswa dapat meningkat apabila guru dapat memberikan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, diantaranya adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi modelling the way. Rumusan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) penggunaan strategi modellng the way (2) keaktifan siswa pada pembelajaran fiqih (3) pengaruh penggunaan strategi modelling the way terhadap keaktifan siswa kelas X MA Al Hidayah Gunungpati Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan strategi Modelling The Way dalam pembelajaran (2) keaktifan siswa kelas X MA AL Hidayah pada pembelajaran fiqih (3) pengaruh penggunaan strategi Modelling The Way terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran fiqih di kelas X MA AL Hidayah. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2) angket (3) dokumentasi (4) wawancara. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) analisis pendahuluan (2) analisis uji hipotesis (3) analisi lanjutan. Hasil penelitian (1) penggunaan strategi modelling the way di MA Al Hidayah Gunungpati Semarang termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 56,14 yang terletak pada interval 51-65 (2) keaktifan siswa pada pembelajaran fiqih di kelas X MA Al Hidayah Gunungpati Semarang termasuk kategori sangat baik hal ini dibuktikan dengan nlai rata-rata 61,19 yang terletak pada interval 58-72 (3) ada pengaruh penggunaan strategi modelling the way terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran fiqih di kelas X MA Al Hidayah Gunungpati Semarang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan harga yang diperoleh sebesar 0,649 dan dengan df=N-nr = 21-2= 19 pada taraf signifikan 5% diperoleh = 0.433 pada taraf signifikan 1% diperoleh Kata kunci: Strategi Modelling The Way, Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:23
Last Modified: 02 Jan 2020 04:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item View Item