Wahid Hasyim University | Digital Repository

DI SD ISLAM AL MADINA SEMARANG IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDH AL- QUR’AN

Ulil, Bashiroh (2019) DI SD ISLAM AL MADINA SEMARANG IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDH AL- QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Al-Qur‟an merupakan pedoman yang pertama dan utama dalam Islam. Pengenalan terhadap Al-Qur‟an sebaiknya dilakukan sejak dini, agar bisa tertanam dan menjadi suatu kebiasaan sehingga menciptakan keturunan yang baik (dzurriyah thoyyibah). Mengarahkan anak untuk belajar Al-Qur‟an bisa dilakukan dengan memasukkan anak di sekolah yang mempunyai program tahfidh Al-Qur‟an. Anak akan lebih terarah dan terbimbing dalam mengaji dan menghafal Al-Qur‟an, namun dalam pelaksanaan tahfidh Al-Qur‟an pastinya terdapat faktor yang pendukung maupun penghambatnya. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi program tahfidh Al-Qur‟an di SD Islam Al Madina Semarang (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program tahfidz Al-Qur‟an di SD Islam Al Madina Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Bagaimana implementasi program tahfidz Al-Qur‟an di SD Islam Al Madina Semarang (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program tahfidz AlQur‟an di SD Islam Al Madina Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program tahfidh Al-Qur‟an diterapkan untuk mewujudkan tujuan SD Islam Al Madina yaitu ”memberi dasar-dasar kepada peserta didik untuk menjadi generasi yang mencintai Al-Qur‟an sebagai pedoman hidupnya”. SD Islam Al Madina menunjuk satu guru sebagai koordinator program tahfidh Al-Qur‟an, peserta didik dikelompokkan berdasarkan pencapaian jilid Yanbu‟a. Terdapat 10 kelompok dalam setiap kelasnya. Pembelajaran tahfidh masuk dalam tiga kategori, pertama sebelum KBM, 15 menit dalam pembelajaran dan ekstrakulikuler muhafadhoh. Metode yang digunakan adalah takrir, talaqqi, sima’i dan kitabah. Evaluasi dilakukan pada minggu terakhir setiap bulan, PTS dan PAS. (2) Faktor yang mendukung program tahfidh Al-Qur‟an yaitu tujuan SD Islam Al Madina, guru, dukungan orang tua dan lingkungan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kecerdasan, SDM peserta didik dan sarana prasarana (tempat pembelajaran tahfidh Al-Qur‟an) Kata Kunci: Implementasi, Program, Tahfidh Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:19
Last Modified: 30 Dec 2019 04:19
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item