Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PENANAMAN AKIDAH AHLUSSUNNAH WALJAMAAH ANNAHDLIYAH PADA PESERTA DIDIK SMP TAKHASSUS PLUS AL MARDLIYAH KALIWUNGU SELATAN, KENDAL

MUHAMMAD, YUSUF MAULANA (2019) STRATEGI PENANAMAN AKIDAH AHLUSSUNNAH WALJAMAAH ANNAHDLIYAH PADA PESERTA DIDIK SMP TAKHASSUS PLUS AL MARDLIYAH KALIWUNGU SELATAN, KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan cerminan dari tidak dan berhasilnya suatu pembelajaran. Upaya untuk mewujudkan akhlak perlu dilakukan beberapa upaya. Penanaman Akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah pada peserta didik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan akhlak. Namum secara umum telah cenderung mengarah pada nuansa ibadah dan muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang penanaman Akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah, Penanaman Akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliah serta Strategi Penanaman Akidah Ahlussunnah Waljmaah Annahdliyah pada peserta didik SMP Takhassus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal. Hasil penelitian ini adalah: (1) Latar belakang penanaman akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah pada Peserta Didik SMP Takhassus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan, Kendal adalah untuk mencegah dan menghindarkan diri peserta didik dari pengaruh akidah aliran-aliran yang dianggap sesat, pengaruh hal-hal yang bersifat negatif dan arus globalisasi dengan kemajuan teknologi pada zaman akhir ini. (2) Pelaksanaan Penananaman Akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah Pada Peserta Didik SMP Takhassus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan, Kendal melibatkan peserta didik, para guru pendidikan agama Islam serta kepala sekolah melalui penambahan mata kurikulum baru yaitu mata pelajaran Ke-NU-an, kegiatan amaliah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah seperti tahlilan, barzanji dan manaqiban serta membiasakan dengan prinsip dari Ahlussunnah Waljamaah, yaitu Tawasuth: yaitu bersikap mengambil jalur tengah ketika menghadapi persoalan, Tawazun: bersikap seimbang dalam segala hal, Ta’addul/ i’tidal : bersikap adil dalam menghadapi sesuatu, Tasamuh: menghargai perbedaan dan menghormati perbedaan dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, (3) Strategi penanaman Akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah di SMP Takhassus Plus Al Mardliyah Kaliwungu Selatan berawal dari penambahan kurikulum baru yaitu mata pelajaran Ke-NU-an yang di dalamnya mengkaji materi khususnya materi Akidah Ahlussunnah Waljamaah, mengamalkan materi seperti dengan membiasakan senyum, sapa dan salam saat bertemu dengan bapak dan ibu guru, membaca asmaul husna dan sholawat nariyah setiap pagi, sebelum pulang peserta didik membaca surat Al Asr, membiasakan berakhlakul karimah dan menghindari perlaku dan faktor penyebab timbulnya hal yang bersifat negatif. Kata Kunci : Latar Belakang, Penanaman, Strategi, Akidah Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:27
Last Modified: 27 Dec 2019 04:27
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item