Wahid Hasyim University | Digital Repository

KOLABORASI GURU AKIDAH AKHLAK DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA MADRASAH ALIYAH AL WATHONIYYAH PEDURUINGAN SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

AHMAD, FAUZI (2019) KOLABORASI GURU AKIDAH AKHLAK DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA MADRASAH ALIYAH AL WATHONIYYAH PEDURUINGAN SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembinaan merupakan usaha untuk membangun menuju ke arah yang lebih baik. Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Akhlak yang dibina dengan baik akan memiliki pengaruh yang besar terhadap pribadi seseorang. Fokus penelitian ini untukmengungkap tentang bagaimana kolaborasi antara guru akidah akhlak dengan guru bimbingan dan konseling dalam membina akhlak mulia siswadi MA al Wathoniyyah Pedurungan Semarang, danapa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak mulia siswa. Objek dalam penelitian ini adalah bentuk jalinan kolaborasi guru akidah akhlak dengan guru bimbingan dan konseling di MA al Wathoniyyah dalam upaya melakukan pembinaan akhlak mulia siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya jalinan kolaborasi yang dilakukan antara guru akidah akhlak dengan guru bimbingan dan konseling dalam upaya membina akhlak mulia kepada siswa. Peran aktif guru akidah akhlak dalam membina akhlak mulia siswa dilakukan secara prefentif dan kuratif dengan berusaha menghindarkan siswa dari akhlak tercela berdasarkan fungsi dan tujuan mata pelajaran akidah akhlak. Sedangkan peran aktif guru bimbingan dan konseling dalam melakukan pembinaan akhlak mulia siswa diimplementasikan sebagaimana tugas pokok dan fungsi guru bimbingan dan konseling. Bentuk jalinan kolaborasi antara guru akidah akhlak dengan guru bimbingan dan konseling dalam upaya pembinaan akhlak mulia siswa merupakan hubungan interaksi koperasi jenis tertier. Adapun fokus penelitian pada faktor pendukung dan penghambat dalampenelitian adalah untuk mengungkap apa saja yang menjadi faktor penunjang dan faktor kelemahan dalam pembinaan akhlak mulia siswa di MA al Wathoniyyah Pedurungan Semarang Kata Kunci: Pembinaan Akhlak Mulia Siswa, Kolaborasi Guru Akidah Akhlak, Guru Bimbingan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:07
Last Modified: 09 Dec 2019 07:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item