Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE INQUIRY BASED LEARNING DI MI MIFTAHUL HUDA 2 NGASEM BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zuliana, Rohmawati (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE INQUIRY BASED LEARNING DI MI MIFTAHUL HUDA 2 NGASEM BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa untuk membangun gagasan atau pemahaman sendiri dalam melakukan aktivitas tertentu. Perolehan nilai rata-rata IPA kelas IV MI Miftahul Huda 2 Ngasem Batealit Jepara dibawah KKM. Nilai-nilai tersebut diperoleh karena siswa merasa kesulitan untuk menerima dan memahami materi pelajaran IPA. Keadaan tersebut dikarenakan minimnya sarana dan prasarana serta model mengajar guru yang menggunakan metode secara monoton dan klasikal sehingga membosankan bagi siswa. Dari fenomena di atas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian dengan mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Kelas IV Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui MetodeInquiry Based Learning di MI Miftahul Huda 2 Ngasem Batealit Jepara. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode PTK ini meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar IPA materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda dan tugasnya yang dilihat dari adanya peningkatan nilai tes siswa dan aktivitas belajar siswa. Siswa dikatakan tuntas jika siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 65. Dan kegiatan siklus berhasil jika siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini diketahui dari data kegiatan pra siklus keaktifan siswa sebesar 45,80%, siklus I keaktifan siswa sebesar 82,36%, sedangkan siklus II meningkat sebesar 92,44%. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu dari data awal atau pra siklus sebesar 41,18%, pada siklus I sebesar 64,71%, dan pada siklus II meningkat sebesar 88,24%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Prestasi Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:54
Last Modified: 17 Oct 2019 03:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item