Navis, Mulyana (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA BIOREMA MELALUI TEKNIK CERITA BERANTAI PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berceria sebagai salah satu keterampilan berbicara dapat diartikan sebagai keterampilan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran. Keterampilan bercerita siswa kelas tiga MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak masih rendah. Siswa kurang terampil dalam bercerita. Hal ini disebabkan karena tidak ada media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, selain itu teknik yang digunakan guru cenderung menggunakan teknik konvensional yang menekankan teori daripada praktik. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas tiga MI Al Islamiyah Keonbatur Mranggen Demak, digunakan media biorema melalui teknik cerita berantai dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II, dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa media biorema dan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III MI Al Islamiyah Kebonbatur. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 62,75 pada prasiklus meningkat menjadi 70,30 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 77,60 pada siklus II. Selain itu, penggunaan media biorema dapat meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa. Dimana pada prasiklus nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 32,15%(9 siswa) meningkat menjadi 60,71%% (17 siswa) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,85% (26 siswa). Peningkatan tersebut disebabkan karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih semangat senang, menikmat, dan tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga lebih aktif dengan berani bercerita did pan kelas. Kata Kunci: , Bercerita, Media Biorema, Teknik Cerita Berantai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 02:04 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:04 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1762 |
Actions (login required)
View Item |