Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA BIOREMA MELALUI TEKNIK CERITA BERANTAI PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Navis, Mulyana (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA BIOREMA MELALUI TEKNIK CERITA BERANTAI PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berceria sebagai salah satu keterampilan berbicara dapat diartikan sebagai keterampilan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran. Keterampilan bercerita siswa kelas tiga MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak masih rendah. Siswa kurang terampil dalam bercerita. Hal ini disebabkan karena tidak ada media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, selain itu teknik yang digunakan guru cenderung menggunakan teknik konvensional yang menekankan teori daripada praktik. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas tiga MI Al Islamiyah Keonbatur Mranggen Demak, digunakan media biorema melalui teknik cerita berantai dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II, dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa media biorema dan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III MI Al Islamiyah Kebonbatur. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 62,75 pada prasiklus meningkat menjadi 70,30 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 77,60 pada siklus II. Selain itu, penggunaan media biorema dapat meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa. Dimana pada prasiklus nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 32,15%(9 siswa) meningkat menjadi 60,71%% (17 siswa) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,85% (26 siswa). Peningkatan tersebut disebabkan karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih semangat senang, menikmat, dan tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga lebih aktif dengan berani bercerita did pan kelas. Kata Kunci: , Bercerita, Media Biorema, Teknik Cerita Berantai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:04
Last Modified: 17 Oct 2019 02:04
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item