Nasehah, Nasehah (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA MATERI SHOLAT TARAWIH MELALUI MODEL TALKING STICK SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH AMONGROGO KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran terdapat berbagai komponen yang menentukan keberhasilanya, seperti tujuan, materi, metode, guru, sarana-prasarana dan sebagainya. Metode salah satu komponen dalam pembelajaran yaitu alat untuk mencapai tujuan pembelajaran, melalui metode pembelajaran terjadi proses internalisasi dan pemilikan pengetahuan oleh murid sehingga dapat menyerap dan memahami dengan baik apa yang disampaikan. Karena keberhasilan dari sebuah proses pembelajaran tergantung dari metode yang digunakan oleh guru . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi (untuk mengetahui motivasi siswa), lembar wawancara, catatan lapangan, lembar soal tes dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi (aktivitas siswa) dan tes formatif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas III MI Islamiyah Amongrogo, Limung, Batang yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode talking stick dalam pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi salat tarawih siswa kelas III MI Islamiyah Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan prstasi belajardapat dilihat pada tabel perbandingan hasil belajar siswa. Siswa yang belum tuntas dari semula pada siklus I ada 4 siswa berkurang menjadi 1 siswa belum tuntas. Rata-rata kelas dari 72,5 naik menjadi 91,66. Aktifitas siswa sebelum tindakan (pra siklus) rata-rata kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan masih kurang (rata-rata 36,66%), kemampuan kerja sama dan melapokan hasil pembelajaran masih cukup (55%). Setelah diadakan perbaikan dalam siklus pertama menjadi lebih baik, dan yang membanggakan pada siklus kedua maka aktifitas siswa menjadi sangat baik (76%). Kata Kunci: metode talking stick, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 01:52 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 01:52 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
View Item |