Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Enis, Millata (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode pengajaran yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu.. Dengan metode demonstrasi inilah diharapkan mampu mewujudkan tujuan pembelajaran IPA yang tidak hanya mengarah pada ranah kognitif saja melainkan afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode demonstrasi dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III MI Al Islamiyah Kebonbatur. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II, dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III MI Al Islamiyah Kebonbatur. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 62,22 pada prasiklus meningkat menjadi 67,59 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 75,74 pada siklus II. Selain itu, penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa. Dimana pada prasiklus nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 37% (10 siswa) meningkat menjadi 63% (17 siswa) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 93% (25 siswa). Peningkatan tersebut disebabkan karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih semangat senang, menikmat, dan tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga lebih aktif dengan berani mengungkapkan pendapat atau ide serta mempertanyakan kembali gagasan orang lain Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPA, Materi Gerak Benda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:22
Last Modified: 10 Oct 2019 03:22
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item