Wahid Hasyim University | Digital Repository

MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI PERGURUAN ISLAM MATHOLI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROICHATUL, JANNAH (2019) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI PERGURUAN ISLAM MATHOLI’UL FALAH KAJEN MARGOYOSO PATI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas manajemen kurikulum berbasis pesantren di Perguruan Islam Matholi‟ul Falah. Kajiannya dilatar belakangi oleh keberadaan madrasah yang sampai sekarang ini masih dianggap sebagai pendidikan kelas dua. Hal itu dikarenakan banyaknya lulusan madrasah yang kemampuan agamanya minim serta kemampuan ilmu yang lain tidak memadai sehingga output madrasah dianggap serba tanggung. Berdasarkan hal tersebut kurikulum berbasis pesantren dianggap sebagai salah satu solusi dalam rangka mengembalikan jati diri madrasah sebagai pusat pembelajaran ilmu agama. Suatu bangsa dapat terukur kualitasnya melalui pendidikan, oleh karena itu pendidikan adalah faktor yang sangat urgen. Akan tetapi kenyatan yang ada dilapangan, pendidikan dengan kurikulum yang diberlakukan belum mampu melahirkan suatu generasi yang memiliki kemampuan yang diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan mampu menjawab tantangan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang Implementasi manajemen kurikulum berbasis pesantren ,Sitem evaluasi, serta Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kurikulum berbasis pesantren di Perguruan Islam Matholi‟ul Falah. Hasil yang didapat dari pembahasan ini bahwa penerapan kurikulum berbasis pesantren yang terbilang unik ini dianggap telah sesuai dengan maksud dan tujuan dari Perguruan Islam Matholi‟ul Falah. Yakni menciptakan generasi insan yang sholih dan akrom. Disebabkan adanya prinsip yang kuat dalam mempertahankan ciri khas pesantren yang telah diterapkan sejak dulu Kata Kunci : Manajemen, kurikulum, pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 04 Oct 2019 03:54
Last Modified: 04 Oct 2019 03:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item